03 January 2007

Darimana saja

Dengan berjalanya waktu, seiring rajutan kehidupan yg anda lalui dan anda lakui, bahkan sampai umur anda sekian ini, adakah makna-makna yg telah kita gali dan pahami tentang kehidupan itu sendiri ?? Apakah hidup itu indah, atau justru sangat payah ??
Tentu banyak sudah fragmen saat-saat peristiwa-peristiwa maupun kejadian yg meletihkan sekaligus saat membungakan hati dikehidupan anda ( dan saya yakin ).
Kemudian, yg pengen saya tanyakan ialah apabila dimasa lalu dan yg sudah-sudah ( atau bahkan sekarang )kehidupan anda mengalami masalah sulit, masalah yg kritis baik untuk pikiran maupun hati anda, akankah selalu ada penyelesaian-nya ??? Bila hati anda merasa yakin PASTI ADA, maka ikhtiar apa sajakah yg telah kita lakukan ??? ( terkadang solusi dari suatu msalah membtuhkan saat dan tempat yg tepat ). Bila kita beranggapan sudah mentok tidak ada solusi lagi, lalu apakah yg anda lakukan selanjutnya ?????
"Allah akan memberikan jalan keluar bagi siapapun yg bertakwa serta akan memberikan rizki secara tdk terduga-duga, plus Allah akan mencukupkan kebutuhan orang-orang yg bertawakkal"


Jadi kesimpulanya, bila anda orang yg bertakwa dan bertawakkal, maka Allah akan menjamin hidup seseorang, so engga usah khawatir atau cemas akan nasibmu ya ????
Kemudan, Bagaimanakah tanda atau ciri manusia tipe diatas tersebut ????
Ciri paling mudah yg dapat kita ketahui adalah, apakah setap kejadian di kehidupanya selalu dia kaitkan dengan ketakwaan atau keimanan kpd-Nya ? ( dan itu adalah ciri utama yg pasti melekat di sosok tersebut )

Contoh kecil ialah :
1. Bila ia terjatuh/tersandung, dia akan bertanya di dlm hatinya " Astaghfirullah, masih kurangkan keimanan saya ??"
2. Bila shalatnya kurang khusyu' maka dia akan mencari dimana dan bagaimana hal tsb terjadi
3. Bila ada suatu masalah hidup, maka ia akan mengembalikan kpd-Nya yg Maha Memberi sesuatu dan Maha Solusi
4. dst ...... dia akan selalu bertanya-tanya dlm hati knp saya musti mengalami ini ? masih tipiskah iman saya ? masih kurangkah ibadah saya ??? lemahkan takwa saya ???? ..dsb....dsb...dsb .....

dan yakinlah, Allah SWT gak bakalan berdiam diri kpd hamba-hamba yg mencintai-Nya, berusaha dijalan-Nya, bertawakkal kpd-Nya, sabar dan ikhlas akan semuanya !!!


Tapi, yg perlu kita renungkan ialah apakah kita memohon solusi kpd-Nya itu dengan sudahkah kita berproses dijalan-Nya ??
Contoh kecil : Bila kita ingin mencari jodoh, kita berdo'a dengan sangat agar segera ditemukan dan enteng sama jodoh kita, tapi usaha apa yg kita lakukan ??? Berpacaran, berkhalwat, playboy, dsb dan betulkah itu jalan-Nya ???? just correct your self ... adakah jalan spt itu diridhoi-Nya ???
Conth lain : Bila kita berdo'a pengen mulia dunia akhirat, dapet rezeki yg banyak, tercukupi kebutuhanya, tapi apa yg kita lakukan ??? Menyerobot bidang pekerjaan org lain ? menjatuhkan lawan-lawan pekerjaan kita ??? ngatok , menjilat secara halus kpd atasan ??? menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi ??? korupsi kecil-kecilan ???? memotong waktu / jam kerja ??? jadi, udahkah jalan yg kita lalui itu penuh berkah dari-Nya ????

"Bila kita mempunyai suatu cita-cita, maka Semua hal yg terkait itu tergantung dari niat awal, konsistensi proses, tujuan final, dan risk management"

1 comment:

Anonymous said...

membaca ini sepertinya aku seperti mendapatkan tamparan kecil..mungkin aku kurang introspeksi ya pakdhe T_T

padahal jelas2 kan, "nikmat Tuhanmu mana lagai yang kamu dustakan?"

astaghfirullah...kayaknya aku memang kurang bersyukur, dan pada akhirnya harus kembali memulainya dari awal lagi T_T