22 January 2007

Takut Merit ??


Waduww....
barusan chats sama seseorang, dan lagi-lagi tentang jodoh. Dan satu hal yg menarik yg barusan saya lihat di telepisi ialah diwawancarainya seorang seleb yg belum dapet jodoh, padahal dia manis,cantik,cakep,dsb...dsb.... Dia berharap jodohnya itu lelaki yg beriman aja udah cukup baginya. Namun, batin saya kemudian berkata " walahhh... yg bener aja.... lha wong dianya aja lagi diwawancara make baju minim gitu" Kemudian saya terus aja mbatin kalo menurut saya, seseorang yg beriman itu pasti berkriteria yg nyaris sama bagi semua orang, ya kan ???? ya ahli agama, soleh, taat beribadah, dsb...dsb.... Satu hal yg pasti, apa mungkin seseorang yg beriman itu akan memilih dia ??? yg masih make baju minim itu ??? yg lagi diwawancara di diskotik gt ..... ???
Nah, balik lg ama chats siang ini ama seseorang tadi , yaitu tentang peribahasa " Jodohmu adalah cermin bagi dirimu sendiri". Kemudian dia bingung, " Jadi kalo saya pengen dapet org beriman, orang soleh, saya kudu jadi org yg beriman dan soleh dulu ya ??? " ........... exactly... nyaris bener menurut saya.... tapi yg lebih afdol lagi ialah Tuhan itu Maha Adil, jadi seperti apa kita sekarang ini, Dia akan memberikan yg terbaik bagi kita sesuai apa yg ada di kita. Nah, kalo kitanya lagi ga bener ?? lagi engga lurus ?? kemudian datang jodoh kita ??? Penyesalan bukankah selalu ada di belakang ????
Akan seperti apakah jodoh kita,entah itu ganteng, cakep, jelek,dsb.... memang DIA yg Maha Mengatur dan Maha Tahu.... tapi coba bayangkan sajalah, jika ada dua individu yg mencoba bersatu, pasti dunks ada dua budaya yg berbenturan dan ga berjalan mulus.... jadi wajar lah yaw......
Mangkanya, bagi saya yg terpenting adalah " Siapa saja yg menjadi jodoh kita, lebih utama jika kita menerima secara totalitas dan ikhlas tentang satu paketnya dia, entah bagusnya...baiknya... bahkan jelek dan kekkurangan maupun kelemahan2 dia.... tuk selamanya !!!! "
Jika hati udah bisa ikhlas dan tulus saling menerima dan memberi .... saya yakin Allah akan meridhoi dan memberkahi pasangan tsb untuk menuju dan berproses di jalan-Nya. Apalagi kalo ngga diberikan hadiah kebahagiaan dan ketentraman keluarga ?? APAPUN itu kondisinya.... entah itu saat dia kaya... atau miskin .... atau bahkan paling tragis sekalipun.
Seperti contoh asahan berlian yg melalui banyak proses menyakitkan, tapi hasilnya ?? begitu mempesona dan menawan ..... dan mahal lagi !!! atau ngga usah jauh-jauh , batu bata buat dinding rumah aja kudu melalui proses press, kemudian dibakar bbrp lama untuk bisa digunakan, begitu pula kehidupan ini....
Jadi,bagi yg ragu-ragu mo merit ialah jangan takut terhadap masalah-2 yg mungkin akan timbul, karena itu adalah proses kita dlm pembelajaran dan pendewasaan diri. Jangan takut sama hal-hal yg belum pasti sedangkan kita bisa merencanakan sebaik-baiknya. Bila takut melarat, berarti anda tdk yakin akan rejeki dan kasih sayang-Nya , jika anda takut berkomitmen berarti anda sudah memutuskan satu-satunya tali penghubung setengah "dien" anda dengan-Nya. Jika anda takut akan kekecewaan nantinya, bukankah anda sendiri yg mengurung pikiran dan batin anda dengan hal tsb ??? (Pdhl ada sejuta kemungkinan dan harapan di dunia ini ).
Sebaiknya sih singkirkan aja pikiran-pikiran negatip yg berawalan dengan kata-kata " jangan-jangan.....bla..bla..bla... " Bukankah hidup lebih enjoy dengan positip thinking ???? Buat apa repot-repot sama sesuatu yg belum terjadi ??

Mantapkan hati dengan jalan-Nya, sesuaikan hidup dengan irama-Nya, berjalanlah dengan langkah tegap-Nya, sehingga jangan heran jika ntar kita dikaruniai kebersamaan dan ke-eratan melalui hidup dengan senandung-Nya. Tidak akan tumbuh tanaman kecuali dengan adanya tanah dan air. "

Aaaiihh.... indahnya....!!!! Tergantung dari sudutpandang manakah yg anda pakai ????

5 comments:

ken said...

Hehehehehe buat yang belum ketemu jodoh brati kudhu banyak mempersiapkan diri ya Pakdhe???

MnX said...

iya nih...nampaknya memang begitu :( berikan aku semangat dunk pakdhe, budhe....

devie said...

yang terbaik kan cuman buat yang terbaik?

**iyo to kang? kapan cangkruk maneh. mentang2 wes ra bujangan ra nyangkruk maneh?

RhoMayda said...

saya bisa positif thinking. saya siap merit. saya bisa menerima jodoh saya apa adanya. lha masalahnya, jodoh saya belum available :p

Rere said...

Wah, kok judulnya matching ma keadaanku sekarang? hehehehe...
mas aku posting di tempatku yah...
kemaren ga sempat ketemu mba ken..:( next time yah.... ^_^