05 April 2006

Sejumputku Ingin bersinggah


Mengapa pelangi itu
--- selalu indah dipandang ???
Mengapa matahari terbit
--- selalu se-syahdu saat tenggelamnya ???
Mengapa menimba di sumur
--- selalu penuh keharusan berlaku ???
Mengapa tawa nak-kanak
--- selalu membungakan hati yg diam ???
Mengapa nada jengkerik dan tawa sang katak
-- selalu menuansakan kangen dimalam pekat ???
Mengapa indah kicau mahluk penerbang itu
-- selalu hidangan lezat bagi telinga yg bergendang ???
Mengapa senyum dikau
--- selalu meneduhkan jiwa yg berusaha tuk selalu tenang ???

Aku senang,
Akupun turut berbahagia,
Aku juga berseri-seri,
Saat aku msh bisa bertanya demikian,
-- dgn keikhlasan yg kucoba seadanya.
Toh,Aku jg ingin bersinar,
seindah bintang dikelam malam,
dan seterang mentari menyongsong pagi,
entah tuk siapa,dan entah untuk apa
Sungguh kuingin peduli,

Biarkanlah saja semua itu terjadi,
Relakanlah saja demikian itu sewajarnya,
Aku hanya ingin tahu,
juga mencoba tuk mengerti,
dimanakah ada akan aku sebuah persinggahan ??
akan berlabuhnya janji yg tak kan terbuai ucap ???
akan berhentinya hati yg ter-engah akan amanah ???
akan sejuknya pelukan hangat buaian ramah abadi ???
Aku tahu,
semua itu masih dalam genggaman tangan,
yg tentu mungil dan lemah,
yg mencoba tuk erat tapi terlalu asa,
hanya mata penuh harap
dlm usaha penuh coba dan goda
dlm goncang penuh tanda tanya ...

Sungguh, kumasih selalu saja heran,
kapankah rindu ini akan bermuara ???
kapankah waktu indahnya percakapan tiba ???
kapankah wajah ini bertatap penuh binar dgn-Mu ???

Oooohhh.... sekarang aku tahu,
sebab hanya KAU yg tahu,
sebab hanya KAU yg berhak,
sebab hanya KAU yg bisa,
tuk semua kan terjadi
tuk tahu dan men-tibakan sang waktu,
sehingga angan kan terengkuh
entah dlm keindahan
atau hanya dlm kengerian kehampaan.

(foen's @suatu siang yg meradang. )


Ternyata hidup ini sulit yah ??? tentu bagi yg merasa sulit. Hidup juga bisa terasa mudah, tentu bagi yg diberi kemudahan. Tapi saya hanya bisa berharap, semua kesulitan dan kemudahan selalu diberi jalan agar selalu beriringan dan dengan manisnya berdampingan di hidup kita. Dan semoga pula, kita diberi keikhlasan,kelapangan dan kesadaran menjalaninya, Amin !!!! Kenapa begitu ??? karena .. eh,karena....
Berapa banyakkah orang yg menjalani hidup hanya sekedarnya saja ???? Berapa pula yg menjalaninya dengan tanpa kesadaran akan kehidupan dia sendiri ??? Berapa orang yg menjalani hidup tanpa makna ???? Berapa juga yg bisa menerima hidup penuh ketidak adilan yg menimpanya ???

Saya salut , sama orang yg bisa makan dengan penuh canda tawa berbekal sebungkus nasi yg entah esok hari masih bisa menikmatinya apa engga. Saya juga iri sama orang yg bisa tersenyum dgn ikhlas tatkala menerima cacimaki dan ringan tangan para majikanya. Dan kalu boleh, saya jelous banget sama indahnya tatapan seorang Ibu ketika melihat canda tawa buah hatinya. Saya juga kagum, sama seorang Bapak tukang becak yg bepeluh keringat seharian untuk menyuapi 6 anggota keluarganya dirumah. Saya juga merasa diri ini kecil melihat seorang nenek berjuang memilah sampah demi cucunya yg berharap sekolahpun tidak. Mungkin, mereka memang sedang memenuhi takdirnya yg telah Allah SWT berikan, tapi tahukah kita bahwa mereka juga sedang menguji kelembutan hati kita ??? sedang mengetes kekayaan hati kita ??? juga sedang berbagi kebahagiaan yg sederhana dengan hati kita yg lebih sering tertutup daripada lapangnya ???? Tahukah anda bahwa dg kehadiran mereka, hati dan jiwa anda sedang dipanggil oleh-Nya ???? Sudikah sekedar menoleh dan 'sedikit' merasakan apa yg mereka rasakan shg anda tahu bagaimana indahnya kebahagiaan sederhana mereka ??? ataukah anda justru terlarut tak mau lepas dengan keindahan dan kebahagiaan versi kepunyaan anda sendiri ???
Dan akhirnya ,saya sadar bahwa kebahagiaan itu selalu saja ada dihati, tak peduli dia kaya,berkuasa, menjabat setinggi apapun bahkan bergelimang apapun yg dia punya. Kebahagiaan ngga usah dicari karena semua telah ada di diri masing-masing. Kebahagiaan selalu saja datang dikala kita bisa menerima keindahan duka dan penuh keikhlasan berusaha tuk tegar mengingat sesama. Saya juga mencoba mengerti tuk lebih bisa menggali kebahagiaan dengan hal-hal sepele yg penuh kesederhanaan. Kebahagiaan yg sebenarnya ialah hanya muncul dikala hati dan pikiran kita berbunga-bunga, entah jenis bunga apapun yg bersemi dan keadaan apapun yg sedang terjadi. Bisakah ??? hhmm....
Bisakah saya berbahagia dengan hal kecil yg saya miliki ??? Bisakah saya berbahagia dengan kekurangan yg menempel di diri ini ??? Bisakah saya berbahagia dgn kelemahan yg ada ??? Bisakah sekitar saya berbahagia dengan ada-ku ??
Dan yg terakhir dan butuh bukti, bisakah saya membagi kebahagiaan saya kpd orang lain dgn ikhlas dan sepenuh hati ???baik kpd org yg saya pandang sebelah mata maupun yg sepenuh mata saya ??? baik kpd org yg saya kenal maupun yg tidk saya tahu ??? Dan bisakah kebahagiaan saya benar2 meresap dilingkungan sekitar saya ??

^_^ Semoga senyum yg tersimpul ini selalu bisa menjadikan awal bagi semua keinginan sederhana tadi. Aminn !!!! dan dari semua itu, yg terpenting ialah saya lega .... ..... karena mengingatkan diri sendiri itu selalu lebih susah drpd mengingatkan dan menunjukkan kesalahan orang lain. Dengan demikian, Saya juga tahu bahwa saya masih payah dlm hidup, masih kekanak-kanakan memaknai gurat perjalanan, masih belum panjang pikir saat hati meronta penuh keinginan, masih dangkal saat buai angan merengkuh akal, masih penuh kebingungan saat ada gejolak kehidupan terhidang didepan mata, masih resah tatkala malam terlewati tanpa asa, .... dan masih-masih yg lainya yg intinya adlah saya masih manusia lemah !!!!

9 comments:

Herbi said...

Hallo, postingannya menyentuh sekali...

MnX said...

seandainya masih bisa tersenyum...

pasti indah deh.. =(

.n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g. said...

Alhamdulillah, saya bersyukur skali bisa baca postingan ini...
mengingatkan saya kembali akan hati ini.
tetep senyum ya mas... ^___^

balung said...

fan, fanny, like you've told me before : bagaimana kita mensyukurinya....

Sisca said...

Mas Foens, wejangan yang sangat bersahaja...

Selemah lemahnya masih sanggup nulis panjang ..artinya kuat mas..

Rockerz said...

Hai, Anda mempunyai blog yang hebat! Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website jana wang automatik. Peluang jana wang automatik di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

dahlia said...

Masih mending jadi,
Manusia LEMAH

daripada

Manusia BODOH

....

Rho Mayda said...

::Bisakah saya berbahagia dengan hal kecil yg saya miliki ??? Bisakah saya berbahagia dengan kekurangan yg menempel di diri ini ??? Bisakah saya berbahagia dgn kelemahan yg ada ??? Bisakah sekitar saya berbahagia dengan ada-ku ??
Dan yg terakhir dan butuh bukti, bisakah saya membagi kebahagiaan saya kpd orang lain dgn ikhlas dan sepenuh hati ???baik kpd org yg saya pandang sebelah mata maupun yg sepenuh mata saya ??? baik kpd org yg saya kenal maupun yg tidk saya tahu ??? Dan bisakah kebahagiaan saya benar2 meresap dilingkungan sekitar saya ??::

BISA!!! ^_^v

Bener deh, bisa. ngga pakai ragu-ragu, tapi pake niat yg tuuuuulluuuuuuuuuuus banget. hmmm... asik asik

ohya, daku juga kagum sama orang2 hebat itu. rasanya, kalo aku tanya 'hidup itu apa?' jawaban mereka pasti yg paling menarik ^^

Bverly said...

Astaga, Fun, panjang amat..sampai ngos2an...but very nice posting...

Suka sekali puisinya..ketular juga ya??