07 April 2006

Indahnya Kebersamaan
& Indahnya Kejujuran

Saya punya seorang teman yg mempunyai kawan, dan kawanku itu memiliki seorang sahabat yg mempunyai seorang sohib. Untuk beberapa saat, dunia terasa begitu indah bagi mereka semua,saling tertawa dan canda adalah hal yg biasa walau jarak memisahkan. Saling mendengarkan dan bercerita adalah hal yg selalu terlalui penuh gelak dan senyum tersungging. Tapi untuk saat yg lain, timbul juga ujian dan cobaan bagi jalinan hati yg telah ada.Begitukah ????
Di dalam dunia pertemanan, bila hati ikut bersilaturahmi, wahh... alangkah indahnya rasa kerbersamaan dan kehangatanya. Mungkin kita taakkan lupa betapa tawa dan canda membekas dipelangi kehidupan kita. Kita juga merasa nyaman dan feeling secure jika bersama para sahabat kita adalah suatu tali batin yg saling memiliki simpul diujungnya.
Akan tetapi, seperti juga sifat dunia yg memang selalu berputar. Terkadang kita merasakan kebahagiaan yg teramat sangat sehingga rasa saling memiliki begitu kentara. Terkadang, sekedar senyum dan gelak takkan mungkir menimbulkan rasa kangen yg terus ada. Terkadang, hanya termenung bersama-pun sudah merupakan anugerah yg tak terkira. Atau bahkan berbagi cerita dan telinga adalah jalinan akan saling terisinya hati yg terluka. Kita memang bisa menjadi pendengar yg baik, kita juga bisa menjadi pendongeng cerita bak tatkala mata akan terpejam di peraduan malam. Asyik bukan ???
Akan tetapi ( lagi), diluar itu semua. Terkadang kita juga merasa sakit perih tatkala bencana muncul diantara pertalian. Terkadang, sangka dan praduga tak sejalan dgn jalinan yg telah ada. Terkadang, rasa kehilangan-pun menghampiri tak kuasa tertolak oleh asa. Terkadang, rasa terbuang dan tersingkir juga demikian adanya .... Uuuhhff, dunia memang ada- ada saja. Bukankah dengan ada-ada saja tsb justru membuat dunia kita semakin berwarna ???? So, jangan sampai deh jadi buta dan ngga sadar diri akan warna warni keduniaan tsb.
Mungkin benar tatkala sahabat bisa muncul dan silih berganti. Mungkin tidak salah tatkala rasa kehilangan tergantikan sambutan senyum yg baru. Tapi, diluar itu semua, bisakah kita mendapatkan sahabat dan teman kita kembali ??? Bisakah keceriaan dan kebahagiaan dari jalinan yg pernah ada akan berwarna indah lagi ???? Bisakah sesuatu yg telah terluka dan terkoyak akan utuh kembali ??? Dan yg penting, bisakah kita menjaga tenunan benang yg telah ada tsb ?? Tentu jawabnya ialah BISA. Semua tetap tergantung kpd kesadaran masing2 akan fungsi dan tujuan. Bisakah kita mendapatkan seseorang yg persis sama saat kita telah kehilanganya ??? Adakah orang-orang dimuka bumi ini berkepribadian identik ??? Adakah para individu di bumi ini mempunyai kehangatan yg sama ?? Tentu tidak, semua pasti mempunyai cara dan hal yg tersendiri. Semua pasti memiliki sesuatu yg menunjukkan identity suatu person. Dan saya yakin anda akan menjadi manusia yg sangat rugi jika melepaskan satu orang saja teman atau kawan kita dari jalinan tali yg telah ada.
Lalu, buat apa kita bersangka buruk ?? buat apa saling menyakiti ?? Buat apa saling menuduh ?? Buat apa saling mengutamakan ego masing2 kita ?? Buat apa saling ber-balik muka ??? Buat apa selalu ditanyakan aku yg benar atau kamu salah ??? bukankah masing-2 kedua hal tersebut adalah mempunyai arti yg relatif ??? Jika saja benar dan salah tsb kita genggam dengan tangan kokoh masing-2, dengan versi masing-2 dan dengan anggapanya masing-2, benarkah kita sedang dlm proses membuka diri ??? atau jangan-jangan tanpa sadar, kita malah belum membuka telinga, mata dan hati kita kpd sang kawan ???
Aaahhhh.... mengapa kita tidak mengutamakan titik temu saja ?? Mengapa kita tidak mengutamakan kehangatan yg pernah ada saja ??? Mengapa kita berpikir terlalu jauh jika keinginan bersama adalah sejujurnya ??? Mengapa kita merasa dipojokkan atau memojokkan jika kebahagiaan bersama adlh cita-2 yg bisa diraih ??? Jika memang seluruh jalan yg ada adalah ikhtiar yg optimal, yakinkan hati aja deh kalo Allah sedang mengabulkan do'a kita untuk diberikan yg terbaik dan sesuai buat kita.
Bagaimanapun juga, memutuskan tali itu adalah suatu kerugian yg teramat besar, bahkan saya ngga bisa membayangkan seberapa besar dosa yg ada dengan putusnya jalinan ukhuwah yg pernah ada. Kalau memang lagi keruh,kacaw,dan belum memungkinkan bersepakat... mbok ya 'break' dulu sebentar, istirahat, mengambil napas sesaat dan mencari ketenangan diri ,juga saling berinstropeksi diri dulu sesaat, trus merenung dan memahami masing2 adalah jalan yg mungkin bisa ditempuh. Namanya juga ujian, bila hasilnya pengen bagus kan kudu digarap dengan tenang dan cerdas, bukan asal nyentang,ngasih tanda silang, atau melingkari jawaban yg ada. Bila soalnya sulit, mungkin merenungkan dan mengingat hal-2 yg diajarkan oleh guru bbrp saat lalu adlh solusi yg bagus ( walaw mengurangi jatah sang waktu yg pentingkan ketemu jawabanya !!!). Aaawaass.... ngga boleh nyontek !!
Anda ngga ingin merasakan pahitnya kehilangan bukan ??? Toh, kita selalu mempunyai banyak pilihan selama kita hidup didunia ini. Semoga kita dikasih kelapangan hati, keterbukaan pikir dan kepekaan indera kita sehingga bisa melihat dan mengerti pilihan-pilihan yg ada. Apa sih yg ngga mungkin dialam fana ini ???

Ma'ap beribu ma'ap !!! Sepenggal kata-kata ini memang dengan sengaja saya dedikasikan untuk teman yg mempunyai kawan dan kawanya itu mempunyai sahabat, yg kayaknya sedang pada kacaw dan menuju kulminasi perang dingin !!!! Semoga apa yg ada diantara mereka terbuka jalan dan solusi yg melegakan dan penuh keikhlasan, juga ridho dan berkah-Nya.Aminn...!!! Yg bisa mencari titik temu tentu dari hati kalian sendiri, bukan orang lain yg diluar sang lingkaran yg hanya menjadi supporter atau grup cheerleader semata. Yg tahu secara detil dan lengkap bagaimana jalan-nya proses silaturahmi kan anda-anda sendiri !!!! Jangan sampe deh terjadi seseorang yg turut mencampuri privacy kalian-kalian ini yg notabene orang luar ( yg berkemungkinan besar malah memperkeruh suasana ** mode ON** ). Just remember, ngga boleh ada pemaksaan kehendak baik secara halus maupun nyata !!! Juga ngga ada manipulasi kata dan peristiwa palagi permainan fakta, pokoknya apa adanya aja dehhhh.. ntar asik kok !!!! ..... I'm waiting !!! Sssllrrrpp ...!! aaahhhh..... !! ( masih dgn segelas kopi hadiah dari peron stasiun Gubeng jurusan ke Bali )....cut..cut... expresinya mmmaannnnaa.... ???? oke, yaps..... action !!! Episode Lima, Adegan satu Frame 15 ........

8 comments:

Sisca said...

Tumben sisca yg pertama ...
Setuju mas..kebersamaan andai diiringi kejujuran ..pasti lebih indah..

Nice posting...nice writing.

~A~ said...

jazzakullah lik...

syafrina-siregar said...

Jadi inget lagu Opick yg no.2
*terharu, mikir*

WeSy 'CiCi' said...

alangkah indahnya kebersamaan jika dijalani dengan kejujuran.

aq suka banget postingan ini. keren!!! :)

shofa said...

*geleng2*
g ngerti mksdna apa?
*pengaruh flu berat*
huhuhu makasih yaa dah mampir :)

MnX said...

thanx..

i'll try ^_^

Rho Mayda said...

kang foens!!! inilah komen sayaaaa!!! jreng jreng...

setuju!

nah, gitu deh. singkat, padat, ngga jelas. ^^
gini lho, aku juga pernah punya pengalaman ngga asik sehubungan dg sahabat-menyahabati. asal semuanya ikhlas, ngga memusuhi, percaya-percaya, ngga akan perang deh. semuanya milik semuanya, ngga usah kehilangan ^^ peace!
(aku ngga ngerti, komen ini relevan ngga ya?)

Bverly said...

Sahabat adalah orang yang membawa keindahan juga membawa kesedihan..tapi keindahan dan kesedihan disatukan berarti sahabat adalah kehidupan..