16 March 2006

Waadduuww ... mulutmu dan mulut kita !!!



Konon, ada suatu cerita yg patutlah kita renungkan dan benar- benar kita perhatikan. Cerita ini sebenernya sederhana, karena menyangkut alat lisan sebagai jalur komunikasi utama mahluk manusia sebagai mahluk yg dari sononya bersifat sosial. Udah siap bantalnya kan ??? .... zzzzz... Ceritanya sih beginuu :


Pada suatu saat yg entah, ada seseorang bernama Fulan. Dia ini selama hidupnya di dunia begitu rajin beribadah dgn harapan buanyak banget pahala yg akan dipanen saat akan meninggal besok. Si Fulan itu juga rajin banget bersosialisasi dengan masyarakat dan termasuk orang yg pandai berbicara.

Pada suatu saat pula, si Fulanpun meninggal dan sampailah saatnya dia dihitung amalnya selama hayat. Setelah melalui proses perhitungan yg super hebat ( karena menggunakan kalkulator yg super pula ) akhirnya di dapatlah hasil akhir yang membuat si Fulan girang, yaitu amalanya begitu banyaknya sehingga dia dipersilahkan menuju pintu surga.


Fulan-pun melonjak- lonjak kayak anak kecil, bahkan bersiul- siul riang mendendangkan lagu " Naek... naek.. ke puncak gunung .... uuhhuuyy.... " Taappiiii tiba- tiba ada yg meneriakinya .... " hhoopp... stop.. stop.. berhenti... ffreezzee !!!! pprriiiitt ...." dan si Fulan pun heran.
Terjadilah percakapan sbb :



Fulan : " Lhoh, mister !!! saya kan udah dapet tiket buat ke surga , kenapa di stop ??? "

Penjaga :" Eeeitts ... ntar dulu dunks !!! enak aja ..... elu punya tiket tapi kan yg ngijinin masuk gue !!! "

Fulan :" Emang ada apa sih Mister ??? Daku salah apa ??? "

Penjaga : " Tengokin tuh kepala elu ke kanan dan kiri !!! "


**** Fulan melihat banyak manusia lain yg pernah dia kenal sedang memandanginya dg aneh !! ***


Fulan : " HHHaaiii ssemuuwaa .... !!!! iya deh .... gw antri !!! "

Penjaga : " Lhah, antri gundulmu kuwi .... itu orang lagi pada nungguin kamu taaauuuu .... "

Fulan : " Emang knp mereka nungguin aku ??? emang punya utang yah ??? kok nagihnya disini sih ??? "

Penjaga :" GGrrrrr !!! ( tampang serem krn gemes!! ) .... biarlah mereka yg bicara sendiri ama elu .... ayoook.... mulai dari kanan nomer satu... ngomonglah !!! "


**** Satu persatu mereka pd ngomong sampe si fulan terlongong- longong. Bagaimana tidak, rata-rata mereka berkeluh kesah bhw si fulan selalu membicarakan mereka tanpa sepengetahuan mereka alias ngomong dibelakang. Bahkan scr tdk langsung, si Fulan banyak membeber aib mereka di depan org lain. *****


Penjaga : " Tuh kan, udah denger sendiri .... "

Fulan : " Trus gimana dongg mister ??? help me pliisss ..."



Selanjutnya Penjaga pintu tadi nyeret si Fulan buat dikalkulasi lagi. Pahala yg banyak tadi dibagi- bagikan ke orang- orang yg terzalimi oleh fulan tanpa si fulan bisa berbuat apa- apa. Tanpa terasa, pahala yg menggunung tadi terkikis sedikit demi sedikit sampe akhirnya habis, padahal orang- orang tadi masih ada yg tersisa. Mr Penjaga pintu kemudian mulai menghitung dosa orang yg tersisa tadi dan setelah terkumpul, dosa-dosa org yg terzalimi itu dialih kuasakan kpd si Fulan tanpa materai satupun, apalagi cap jempol kaki.

Ending : Akhirnya si Fulan ditransfer ke neraka jahanam dan org-org yg terzalimi olehnya itu justru mendapatkan doorprize pahalanya si Fulan. ( Btw, biaya transfer sapa yg nanggung ??? )


Renungan hari ini :

Sebagai sesama manusia dan khususnya antara muslim, bukankah muslim yg satu dgn yg lainya adalah bagaikan sodara ??? Jadi jangan di omongin belakang dunks, palagi bergosip ria !!! Kalo emang ada aib di sodara kita, yg please jangan dibongkar semata-mata, palagi ditunjukkan ke org lain. Tutuplah aib itu baik- baik dan mari kita perbaiki bersama aib itu agar jalinan ukhuwahnya semakin lengket serta dilapangkan jalan menuju ke segalanya dgn penuh berkah dan ridho-Nya. Semoga kita selalu diberikan kemudahan dlm kebaikan, Amin !!!

Seperti kita tahu, segalanya di dunia ini diciptakan secara berpasangan, ada wanita & pria, ada air & api, ada atas & bawah, dsb. demikian juga mulut kita, selain berfungsi untuk berbicara, bukankah fungsi mulut yg lainya ialah untuk "DIAM" ??? Marilah kita berlaku adil thd mulut kita sendiri, take care !!!

Bisa kita bayanginlah yaw.... bagaimana perasaan kita saat digosipin, atau diomongin secara sembunyi tangan ??? bukankah itu teramat sangat dekat dg fitnah juga ?? Kira- kira org yg difitnah itu bakal rela pa ngga ??? Jadi jangan salahkan daku kalo org yg difitnah itu termasuk org yg terzalimi. Bukankah hak-nya org yg dizalimi untuk meminta per-adilan ???

Emang enak kayak si Fulan ??? Cuman di iming-iming dan dikasih kesempatan lihat pintunya surga tanpa bisa masuk kesana ???
Hhhmm... ngintip dikit yukkkk !! boleh ngga ??? hehhehe ....

9 comments:

Sisca said...

Mas Foens,

kacihan si Foens, eh Fulan......

no koment dah, drpd nanggung dosa...

Anonymous said...

Renungan hari ini:
"Jangan pernah lupa untuk menyikat gigi, agar malaikat tak kebauan dengan mulut kita!" :D

dahlia said...

serasa nonton sinetron indonesia yang sedang meWABAH neh !!!!

Anonymous said...

Non infotainment = berghibah juga kan? wahh..gmn tuh...ntar para artis yng dighibahi akan menuntut...

syafrina-siregar said...

Setuju dengan ceritanya.
Tepat untuk renungan kalo kebablasan menggosip/ghibah.

Anonymous said...

Ya Robb, hindarkan kami dari sifat2 yang menjauhkan kami dari indahnya surga-Mu... ^_^

Balung Gundul said...

Lho, ngrasani orang kan salah satu hobi. tapi kalo efek sampingnya seperti itu njut piye jal? ah ancene susah lek dadi Artis kie

Anonymous said...

Waks...... gila. Gimana kalau selama ini saya juga menzalimi banyak orang? Saya dikirim ke neraka JAHANAM? Ya Allah, Naudzubillah. Makasih ya sudah mengingatkan. :)

Anonymous said...

gimana kalo mister penjaganya kita ajak nggosip? (mabuk)
wah... untuk anda-anda yang pernah saya gosipi, saya minta maaf... (bingung)