06 March 2006

Bad Biker with Nice Bike !!!!

Pada hari minggu kuturut ayah ke kota.....
naik delman istimewa kududuku dimuka ....
asiikk bangettt dehhh .....


Tp ternyata ngga seasyik hari minggu-ku kemaren. Setelah pengalaman Ibu Sarie yg ber-unek-unek ttg para penyemplak Harley yg seolah-olah jalanan ituh punyak Mbah-nya sendiri ( di forum wartawanindonesia@yahoogroups.com ), toh aku jg mengalaminya tuk kesekian kalinya.

Saat itu saya sedang dlm perjalanan ke Sidoarjo dgn kondisi arus lalin yg merayap pelan karena padat banget. Tiba- tiba yaaa ... dari arah belakang saya ada segerombolan penyemplak motor mahal itu ( yg hanya bikin ngiler banyak jelata ) dan dgn pongahnya mereka minta dikasih jalan dgn menarik gas kenceng- kenceng ( Pak, saya tahu kok knalpot anda bikin kuping pening !!! perlu di KIR nih kayaknya ttg ambang batas polusi suara ). Bahkan saat itu karena saya terjepit di antara dua mobil dan spd mtr depanku emang jalanya pelan, saya kan ngga bisa nyalip.... lha si penaik harely itu kok hawanya mo nyruduk aja dgn narik kabel gas tambah menjadi- njadi. Nah, disitulah saya agak molai emosi dikit. Setelah tak kasih jalan, ternyata beliau itu masih ngga rela juga.... masih mepet- mepet ke aku ... padahal kondisiku saat itu lagi ada boncengan yg tentunya rawan banget sama keseimbangan motor. Yg kasihan tuh bapak penaik spd motor di depankku .... beliau udah tuwa dan spd mtrnya butut banget .... bahkan untuk ngerem-pun amat kuragukan keberhasilanya, toh beliau yg naek harley ituh ttp nyeruduk juga. Walaupun ngga sampe jatoh, tapi cukup bikin terhuyung- huyung, dan sebelnya tuh si penaik harley itu nggga tau sama sekali kalo yg abis disalip jadi kayak gitu.

Emang klub harley mania di Surabaya itu dimana yo alamate ??? Mumpung aku belum lupa plat nomer si bikin tukang sebel itu ..... yg pasti ciri- cirinya sih warna si harley tadi hitam dg corak merah agak banyak, penunggangnya punya tubuh agak gemuk dgn plat nomer kendaraan L 49xx xx ( sengaja tak samarkan !) dgn celana warna cokelat dan . Aku tahu kalo beliau ini waktu itu kecapekan, tapi yaaaa ... samalah... banyak penunggang laen yg lebih kecapekan drpd anda.... hargai dunks itu !!! Miikiirr mmaannn ... mmikiiirr .... jangan arogansi aja yg sampeyan pake !!!
Pokoke kalo ketemu lagi di jalan, uuuaawwaasss koen ..... !!!! Mari kita santap biker- biker yg kurang ajar spt merek- mereka ini .... !!!

Kpd para biker ( khususnya yg ugal2an ), sorry banget .... yg namanya jalan kan bukan punya e-Mbahmu saja .... selama kita dijalan juga kita punya hak untuk memakai bersama. Kalo kendaraan kalian punya kecepatan lebih, berarti yg bego kalian sendiri .... punya kendaraan high speed kok dipake di Jalanan Indonesia !!! huhhh .... malah ngerepotin dan bikin cilaka org aja ....
Di jalanan ngga ada exkslusivitas Mas ... semua sama ... kecuali kalo emang elu dapet pengawalan khusus dari pihak berwajib .... kita bisa maklum. KAlo pengalaman ngga enak terjadi sama anda atau kalian .... jangan takut... kalo kita ada apa- apa urusan sama mereka, langsung aja teriak minta tolong di jalanan, aku sangat amat yakin ... lebih banyak yg ngga suka mereka drpd yg suka ...... jadi jangan salahkan kami kalo sampe maen hakim sendiri nantinya ..... ya?ya?ya?



Renungan hari ini :
Judul : Lebih baik tdk marah !!!

Marah sh emang karunia dari Allah yg kalo kita manfaat dan kelola dg benar ya baik- baik saja jadinya. Tapi apa ya bisa ???? Soalnya yg namanya marah itu kan spontan, os-tos-mas-tis keluar dg sendirinya, trus yg namanya marah juga ngga bakalan make mikir.... mana ada sih org mikir sambil marah.... eh, kebalik ya ????
Nah, ini nih yg penting. Menurut pengalamnku ber-gumbul dgn teman-teman dan temin- temin, rata- rata mereka sih nyesel sehabis marah-marahan ( yg marah tenan ! bukan palsu... ) apalagi kalo kemudian ada efek jangka panjang maupun untuk bbrp saat ke depan-nya. Kalo dlm pengandaianku sih.... alngkah baiknya jika kita pas mau marah itu mikir dulu dan menanyakan kpd diri kita sendiri :

  • Perlu ngga sih kita marah ???

  • Apa alesan kita marah ???

  • Kenapa kita marah ???

  • Ada kejadian apakah stlh saya marah nanti ???

  • Hal apa sajakah yg perlu saya lakukan saat itu ???

  • Intinya sih mikir di Untung Rugi-nya bila kita marah ya ...

  • Jadi marah itu adlh penyakit hati yg paling berbahaya dan kudu dikelola dgn sebaik-baiknya dan penuh kesabaran. Setahuku, tanda- tanda org yg bebas dari penyakit hati ialah :

  • Saat org lain berbahagia, hati kita turut senang

  • Saat org lain berkesusahan, hati kita turut berduka dan berupaya membantunya

  • Saat org lain khilaf, hati kita ikhlas menunjukkan ketidak sinkronisasinya dia

  • Saat org lain menghina atau memarahi kita, hati kita ber-instropeksi diri apa betul kita spt yg mereka hujatkan ???

  • dst .......

  • Ingatlah wahai kawan, marah adalah sangat dekat dg takabur, sebab disaat marah... ego individu kita akan keluar semua .... termasuk rasa kesombongan dan riya' ..... shg semua penyakit hati akan muncul dg sendirinya. Bahkan dg marah aja sudah menunjukkan kalo saat itu hati kita lagi ada sesuatu yg menutupinya. Yg perlu kita tanyakan pd diri sendiri ialah : Mengapa hati kita masih tertutup ???? atau ada sesuatu yg menutupinya ??? sehingga kita ngga bisa berpikir jernih dikala kita marah, palagi jika marahnya sampek berhari- hari ...... wwuuaahhh... kyaknya parah deh !!!
    Tips dari Rasulullah ialah, kalau kita ngga bisa mencegah marah atau sudah terkadung marah, ngambil aer wudhu dan sholat ( kalo dg itu ngga ilang, berarti lbh banyak faktor kehidupan yg perlu dibenahi, termasuk adanya karat dan noda di hati !!! dan itu adlh perjuangan yg tdk gampang krn parameternya hanya kita sendiri yg tahu !!).
    Keep 'n fight !!! ingat, Lebih baik ngga marah drpd marah !!! sengtuzzuuuu sodara ????

    9 comments:

    sand said...

    apa ya bisa orang marah disuruh berfikir ? apa ya kelakon orang yang berfikir itu untuk marah ? . jelek-jelek gitu, walaupun cuman marah, itu perlu konsentrasi lho. kalau sudah mak brebet sudah ndang cepet marah saja, kalau sudah terinterfensi sedikit saja apalagi dg pikiran-pikiran waaahhh bisa-bisa ndak jadi marah itu. btw... ttg tanda-tanda orang yang bebas penyakit hati jadi menuntut untuk bercermin lagi.. berfikir..jadi ada target perbaikan diri. thanks alot

    b. gundul S. Farm said...

    ah.... ancene postinganmu serasa "AQua dingin di gurun pasir". inspiring dan menyejukkan.
    dan bukankah Gusti Allah selalu menyayangi orang-orang yg sabar?

    wulan said...

    sabar bukan berarti diem lo foens

    Rho Mayda said...

    Komplit tenan infonya.
    Tapi kalo kita sesekali (sesekali tok lho ya), sesekali marah boleh nggak? Kadang emosi tenan je. Kan perlu dilampiaskan (ato nggak ya?)

    Sisca said...

    Mas Foens, naik delman nyook...sambil nyorakkin balapan Harley....di tunggu loh..di depan gardu..:)

    MNX said...

    Kan ada hadistnya:

    'an abii hurairoh radhiyallaahu anna rojulaan qoola linnabiyyi shollallaahu 'alaihi wasallam: aushinii, qoola:"Laa taghdob, faroddada mirooro, qoola: Laa taghdob" (rowahu lii bukhori)

    Translate:
    Dari Abu Hurairah r.a., ada seorang laki2 berkata kepada Nabi SAW, "Berilah aku wasiat." Rasulullah SAW bersabda, "Jangan marah!". Beliau mengulang2 beberapa kali ucapan, "Jangan marah!" (HR. Bukhari)

    so, bilangin tuh Pak sama 'sahabatnya',aku jangan di marah2in lagi, hehehe... =))

    Jeego said...

    Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

    Saya ada website jana wang automatik. Peluang jana wang automatik di sini.

    Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

    meke said...

    Gak gampang marah,gampang ilang marahnya.kayaknya sulit nih.eh caranya mikir dulu sebelum marah gimana,biasanya marah kan spontan aja datengnya...

    foens said...

    to all : " Sebenernya sih, intinya kan Jangan sampai marah !!, soale kalo udah terkadung marah kiy susah dan ribet penangan-nya, gitchuu .... bener sih yg namanya marah itu spontan bgt, tapi kalo udah kebiasaan mah jadi ngga keburu muncul spontan-nya, bukankah begitu ??? uuhuuuuuyyy .... "