09 March 2006

Razia

Pagi hari udah siul- siul nih, Alhamdulillah .... udah bisa gawe dan udah bisa jadi aktipis jalanan lagi :) setelah kemaren seharian tergeletak penuh daya ( hanya nonton tipi seharian ma tiduran !!! ).... cuman kok ya ada aja sih yg bikin eneg di kepala ??? Masak di Jln. Genteng Kali ituh ada razia surat spd motor ?? Padahal aku kan ngga ada SIM, ngga ada full STNK , dan ngga ada ke-pede-an sama sekali. Walhasil yg bukan wak haji, akhirnya spd motor kesayangan nyungsep di depan sebuah toko dan dengan cuex beybehhh aku tinggalin disitu. Aku pikir sih, mana ada org yg mo ngambil spd mtr dg cat norak gituuu... hahhhahhaaa ...
Oh,iya. Sambil celinguk sana dan celinguk sini ( ngga pake 'situ' ) ternyata ngga ada Bp Polisi yg menghampiri (hhmmmhh... aammann !!! ). Tapi pikir punya pikir, kalo nungguin razia selesai ya berabe yahh ... mo berapa jam bengong di pinggir jln, mana ngga ada wrung kopi lagi. Akhirnya dgn memberanikan keisengan diri, aku langsung masup ke warnet sebelahnya. oohh.. syukurlah ada tempat kosong. ( Akhirnya ke warnet jg setlh bbrp abad ngga nyambangin kesitu !! ). Rencana sih sambil nunggin razia, aku iseng2 YM!an lagi dgn normal. Ternyata masih se-asik yg dulu walopun kompie-nya agak lelet. Dan lagi asik-2nya begojegan dan adu mulut ama Bu Db, jg sama Mas Andung ( yg lg ga pake sandal krn ditinggal di pintu !! ) ... tanpa dinyana - nyana dan diduga ( nyana itu sih anak mana ya ?? ) juga tanpa dikira-kira dan di ramalkan, tuh kompie tiba-2 'Hang' .... setelah confirm ma operator, aku bilang kalo yg HANG itu kompie no.13 ... stlh balik ke meja itu, aku baru ngeh kalo kompie yg aku duduki itu nomernya apes gitu ... pantesaannnn !!!! Walopun ngga percaya ama dunia takhyul ( emang ga boleh lhoh !!! ) yg pasti emang hari itu menjadi agak kurang ceria bagiku. Hhhmm.... nnyymm.... hasilnya sudah aku duga, spd mtr itu dah pindah parkir dg sendirinya.


Kalo ngga salah inget, aku udah 3 kali ini menghindari razia spd mtr. Yg pertama itu di Jln. Jagalan, si spd mtr langsung tak bikin nyungsep di parkiran tukang becak ( yg dg penuh senyum sirik menatapku agak gimannnaa gituuu ..!! ) dgn hasil ngopi sambil mbaca koran gratis selama dua jam, itupun di dua warung kopi ....( krn ga enak lama-lama di satu warung kopi , ohiya.. yg gratis baca koranya doank !!).
Nah, yg kedua pas di Jln. Pasar Besar. Si spd mtr langsung aku bikin nylempit diantara dua mobil yg lagi parkir, dan spt biasa... langsung tak tinggal dan nyari warung kopi. Untunglah warung kopinya bersahabat banget, ada banyak gorengan dan cabe yg seger- seger, sseepplahh ... ada tipinya lagi, bikin betah aja. Bahkan pas razia-nya udah bubar, so aku ttp lanjutin menikmati warung kopi dulu selama 1/2 jam.
Kl yg ke-3 sih, ya yg barusan itu tadi.



Renungan hari ini :

Bila kita merasa, hidup ini sungguh berat dan terlalu banyak beban yg kita tanggung atau terlalu bejibun masalah menghantui, sudah benarkah apa yg kita pikirkan itu ??? Apakah kita lupa kalo banyak sekali orang lain yg masih menerima cobaan lebih berat dari kita ??? Jadi mengapa kita tidak mencoba meringankan hati dan pikiran kita saja ??? Bagaimanakah caranya ???? Sebenernya mudah banget sih ( menurutku ) ...
Yg pertama ialah, jangan lupa bersyukur !!! Bila kita sudah bisa mencapai taraf bersyukur dgn segala kondisi kita, tentu hati akan tenang tenang aja dan easy going lah yaw !! Bagaiamanakh kita bisa bersyukur ??? tentu saja kudu punya iman, juga lebih banyak positip thinking dan amat mengurangi su'udzon terhadap siapapun. Ingat !!! dgn positip thinknng, otomatis yg namanya su'udzon akan jauh ( ke laut aje !! ) dari kehidupan kita.
Yang Kedua ialah : Cobalah kita memilah dan memikirkan atau merenungkan, masalah atau beban yg kita alami itu apakah sebuah urusan duniawi belaka atau justru urusan ukhrawi ???? Aku sangat yakin banget kalo 90% urusan yg membelenggu kita sebenernya adalah urusan duniawi yg notabene harusnya ada di prioritas yg kesekian dan mendahulukan segala urusan kita kpd Allah SWT. Yakinkanlah hati dan pikiran serta tubuh kita bahwa dgn lebih dekat kepadaNya, ngga ada deh jalan yg sulit dan berliku termasuk dimana saat kita diuji dg segala keruwetan permasalahan yg ada. Bukankah Allah akan melapangkan jalan bagi hambaNya yg taat dan beriman ??? Dan disisi atau sudut pandang org yg mempunyai iman tentu bakal jauh berbeda, juga saat seseeorang menghadapi suatu masalah, tentu org yg mempunyai iman akan jauh lebih perfect dan tenang serta lebih bisa memikirkan lebih mendalam segala sesuatunya termasuk solusi terbaik dari banyak solusi dan godaan yg ada.
Contoh kecil : Bila kita kesulitan belajar, atau otak kita serasa tumpul banget, apa salahnya sih kita mengasah hati kita agar lebih tajam dan cemerlang sehingga dengan ketenangan dan kemantapan hati, si otak akan lebih mudah menerima dan mengolah informasi yg ada.Bukankah mengasah hati = pedekate sama yg diAtas dg media prantara segala yg ada disekitar kita ????
Yang ketiga ialah : Anggaplah suatu persoalan atau suatu beban hidup itu adalah wajar dan normal- normal saja. Lha wong Nabi yg muttaqin aja dikasih cobaan begitu rupa, palagi kita manusia biasa yg ngga ada apa- apanya. Dgn demikian, bila hati telah merasa ringan dan lapang , tentu kesabaran akan muncul dengan sendirinya. Dan tentu ke lapangan hati akan menjadi modal kuat untuk keluar dari beban dan masalah yg membelit.
Yang keempat ialah : Lebih memikirkan masa depan.
Alangkah enaknya jika segala permaslhan itu datang, kita sudah punya persiapan buat menanganinya ( walopun hasil akhir adlh ttp keputusan-Nya ! ). Dgn memikirkan lebih panjang segala sesuatunya dipikirkan, tentu aja kita sudah punya penangan atas resiko yg mungkin terjadi di masa yg akan datang. Istilah keren-nya sih " Risk Guarantee", semacam asuransi deh ya !!! Tapi ini asuransi yg vertikal, yg preminya tergantung kita dengan agunan yg tak terbatas atas penanganan kecelakaan yg tak terbatas pula, haayyoohh... gmn coba ???
Yang kelima ialah : udah ahhhh .... nguantuxxss bangettt ....males nulis dan mikirnya, daddaahhhh !!bbyyee ... mmuuaacchhh .....
Yng ke enam ialah : dsb ...dst ...... kkkrrr ...kkrr... !!! ooaaaahhhmmmm ..... zzzzz ....

3 comments:

unwinged said...

hoalah...

b. gundul S. Farm said...

Yang keempat ialah : Lebih memikirkan masa depan.
Alangkah enaknya jika segala permaslhan itu datang, kita sudah punya persiapan buat menanganinya ( walopun hasil akhir adlh ttp keputusan-Nya ! ). Dgn memikirkan lebih panjang segala sesuatunya dipikirkan, tentu aja kita sudah punya penangan atas resiko yg mungkin terjadi di masa yg akan datang. Istilah keren-nya sih " Risk Guarantee", semacam asuransi deh ya !!! Tapi ini asuransi yg vertikal, yg preminya tergantung kita dengan agunan yg tak terbatas atas penanganan kecelakaan yg tak terbatas pula, haayyoohh... gmn coba ???

kalo yang itu lebih baik cari samwan to share ! ayoo kapan dapet calon? mosok ambe aku lik?

Rho Mayda said...

Nomer satu! I got the point! ;)