13 May 2006

Akhirnya

Setelah bbrp waktu belajar ber-eksperimen dgn lyout hitam putih, akhirnya sih berganti juga ke lain hati .... maksudnya hatinya lagi mood ke warna selain hitam putih, gitu lhoooo !!!!! Tapi itu juga ngga lepas dari banyaknya teman temin yg menanyakan knp hitam dan putih ??? Oh,iya, kenapa ??? Karena eh, karena .... ngga ada apa-apa. Soalnya kalo warna hitam ama putih itu ngga bikin pusing buat nyari padanan warna yg sreg. Kalo yg lain kan kudu mikir dulu 100x baru kalo mood atau cocok langsung dipake. Bisa-bisa malahan seharian ngga kelar lho... hanya karena milih warna- warna yg asik aja .... huh !! Apa emang karena saya ini emang bener- bener tukang bikin lyout yg masih pemulanya amatir ya ??? hehhehehee ............ kayaknya iya deh .....
Dan kenapa sekarang ber-skin ijo ???? Sebenernya sih ga ada apa- apa, cuman ada seorang temen yg ngasih kompor kalo kudu buikin lyaout yg ijo, udah ... itu thok !!!! Buat Cece : Thanks ya !!! ... atas inspirasinya. Ma'ap, buatnya emang asal-asalan banget, maklum mendadak sih ya ,ga papa kan ??

Renungan hari ini :
Wah, saya kok jadi begitu terharu ya ... barusan membaca sebuah majlah infaq dan disana ada cerita nyata tentang seorang Ibu-ibu yg mendatangi sebuah kantor Yayasan khusus infaq umat Islam. Ibu-ibu tadi menemui redaksi disana dan bilang " Begini Pak !!! saya minta ma'af karena sudah berbulan-bulan tidak berinfaq ke XXXX ( nama disamarkan ya !!! ) karena saya pindah ke Jakarta. Sebenarnya saya sudah meminta teman saya untuk membayarkanya, tapi mungkin karena kesibukan, dia tdk sempat membayarkan. Bolehkah saya membayar hutang-hutang infaq saya sekaligus membayar infaq infaq saya setahun kedepan ???". Dan sampai- sampai si Bapak di redaksi terperangah mendengar penuturan Ibu itu. ck.....ck..... ck ..... huebat bangetttt , aseli salut deh ya !!!! Bukankah itu merupaakn suatu pelajaran yg sangat indah bagi kita ?????
Sekarang, marilah kita pikirkan bersama timbal balik dari efek itu semua. Bukankah infaq itu bukan suatu kewajiban ???? ( kalo zakat mah wajib yaaa !!!! ) Dan itu berarti kita ngga kudu setor bukan ??? Dan yg mengharukan, kenapa si Ibu tadi sampai bisa memnganggap itu adalah suatu 'hutang infaq' ??? hanya karena dia terbiasa berinfaq kemudian berhenti karena sesuatu dan lain hal. Sungguh sesuatu yg indah bila kita bisa berderma dengan penuh cinta dan keikhlasan ..... sssllrrrppp..... ( tisu...tissuuuu !!!! )
Ada cerita juga tentang keindahan ber-infaq, yaitu :
Suatu saat, istri- istri Rasulullah bertanya kpd beliau "Setelah anda wafat, siapadiantara kami yang pergi dahulu menyusul anda ??" Rasul menjawab " Yg lenganya paling panjang ". Kemudian beliau tersenyum melihat istri-istrinya membandingkan ukuran lengan masing-masing. Ternyata yg paling panjang ialah Saudah binti Zam'ah ra. Sepeninggal Rasulullah, ternyata yg paling dahulu meninggal adalah Zaenab, bukan Saudah. Kemudian Aisyah ra berkata " Dengan meninggalnya Zaenab terlebih dahulu, kami baru mengerti bahwa yg dimaksudkan oleh Rasulullah dengan yg paling panjang lenganya ialah yg paling gemar berderma dan peduli sesama "
"Dan berikanlah kpd keluarga-keluarga yg dekat akan haknya, kpd orang miskin, dan orang yg dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghamburkan hartamu dgn boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu saudaranya setan dan setan itu sangat ingkar kpd Tuhan-nya." ( QS 17 : 26-27 )

Konsumtifisme ( menurut saya = hidup boros ) adalah sebuah penyakit masyarakat yg teramat parah padahal mereka tidak menyadari-nya bahwa mereka sedang dijajah pola pikirnya. Siapa coba yg beruntung dgn pola pikir yg demikian ????? Dan salah satu hal vital yg bisa memperbaiki pola tersebut ialah dengan kepedulian trhdp sesama. Yg kedua ialah hidup dengan sederhana. Adakah begitu banyaknya kisah- kisah keber-sahaja-an dan indahnya kesederhanaan belum cukup buat kita mengambil pelajaran dan teladan ?? atau hanya sekedar mampir di mata dan otak tanpa turun ke pedalaman hati kita ?????
Coba kita perhatikan sejenak saja, ada berapa pakaian kita di lemari yg ngga pernah terpakai ??? Ada berapa panci rongsok di dapur yg sayang kalo kita buang padahal itu sudah merupakan barang 'wah' bagi org lain ??? Ada berapa banyak barang kita yg tidak kita gunakan tapi masih juga kita merawatnya ??? ( itu berarti pemborosan bukan ? )
Ada berapa banyak sepatu dikolong tempat tidur yg melirik-pun kita tdk pernah ???
Semoga, dengan segala apa yg telah Allah gambarkan dikeseharian kita, semua apa yg ada disekitar kita, semua kejenuhan dan kompleksitas hidup kita, juga keberagaman perilaku manusia disekitar kita, malah bisa membuat hati kita kaya akan Cinta, kaya akan Kasih, dan Kaya akan Sayang. Kalau kita ikhlas denga penuh rasa syukur, InsyaAllah itu lebih dari cukup tuk menjamin rezeki kita terhadap barang- barang yg sudah tidak kita pakai lagi.
Bukankah orang yg berlebihan harta akan lebih cenderung 'lebih' mencintai hartanya ?? atau justru harta yg kita punya malah efektif menjerumuskan, membelenggu bahkan menjebak kita penuh tipu daya harta karena kita salah menyikapinya ??? Bukan-nya malah mengangkat derajat kebaiakn kita ????

"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa- dosa kami dan tindakan- tindakan kami yg berlebih- lebihan dalam urusan kami, dan kuatkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami dari kaum yg kafir ( mengingkari Allah SWT )" (QS 3 : 147 )

8 comments:

sand said...

"ada berapa pakaian kita di lemari yg ngga pernah terpakai ?" pertanyaane serasa nggak relevan pak. harusnya "berapa gelintir baju yang masih tersisa di lemari pakaian ketika giliran mencuci pada akhir minggu". jawabannya untung masih ada yang pantes dibawa bepergian. bukan suatu hal yang melas lho.. biasa aja tuh

Rho Mayda said...

dalem itu!
"ada berapa pakaian kita di lemari yg ngga pernah terpakai ?"
(setelah diingat2... ternyata...)

hmm... seperti itu tuh ya, sudah mau diberantas habis2an loh (kasusku). sekarang dalam proses. gara2nya... merasa sangat sangat sangat mubazir. jelek kan!

tapi itu bukan karena maksud apa2, bukan karena merasa 'bisa punya' (karena sebenernya mmg ngga bisa), bukan juga karena 'mau banyak' (karena sebenernya ngga perlu banyak).

tapi itu tuh karena... (jadi malu) karena... karena ngga bisa ngira-ira

Sisca said...

Mas Foens, berbakat jadi Kyai kondang ....renungannya bagus2, kalo sdh ngetop tetap ingat sisca ya..:)

mysyam said...

wah.. hijau.. saya suka hijau...;)

Sam said...

kabar baik pak.... selalu baik. selamat memperingati hari senin:)

Nisa said...

Alhamdulillah baik. :) I love green :D

anggrek said...

ga komen ama isinya.. tp komen ama yg ngomporinnya.. hihihi ada apa nih ama pakde.... kaya'nya bentar lagi ada bu'denya nih hihi pisssssssssss (kabuuuuuurrrrrrrr)

lennyfisher1751000086 said...

Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

Get these Degrees NOW!!!

"BA", "BSc", "MA", "MSc", "MBA", "PHD",

Get everything within 2 weeks.
100% verifiable, this is a real deal

Act now you owe it to your future.

(413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.