24 June 2006

si Ja-Im yg bandel

Ada kalanya, pujian adalah berkah karena dengan pujian yg tulus, kita bisa mengukur tingkat kebaikan dan keberhasilan kita dlm hidup, truss kita juga bisa mengoreksi diri kita sendiri. Tapiii........ adakalanya pujian justru suatu hal yg menyesatkan kita dengan tanpa sadar. Kenapa begitu ??? yg namanya manusia kayak saya, dia, anda dan mereka-mreka ini kan sudah fitrahnya menyukai hal2 yg indah, dan itu termasuk pula pujian bagi kita. Jika pujian yang baik bisa kita manage dengan baik, bisa malahan menimbulkan motivasi dan semangat, wahhh... itu sippp banget. Akan tetapi, jika pujian itu kkita makan dan bikin naik darah, bikn hati kita ikut membumbung, bikin kita lupa bahwa sebenernya kita mahluk yg ga ada apa-apanya, maka pasti deh yg namanya riya' bakalan menghampiri. Sedangkan yg namanya kesombongan entah sekecil apapun itu, siapapun juga bakalan mengakuinya kalo itu adalah bibit dari segala bibit penyakitnya si hati, biang keroknya karatan di hati. Coba deh kita bayangin, kalo org lagi sombong, bakalan bisa ikhlas opo ngga ??? bakalan bisa sabar pa nggga ??? trus, kalo lagi sombong plus marah-marah... apa coba yg menguasai dirinya kalo engga si napsu ??? bukan hanya mengotori hati, tapi malah menutup rapat2 suaranya si hati nurani kali ya ??? Berapa banyak di koran-koran berita kriminal pembunuhan karena org kalap dan gelap mata ????? Ooowwhh.... jangan-jangan, dgn begitulah kita secara perlahan-lahan menjadi bukan orang baik ??? yaitu terlena secara perlahan -lahan dan engga sadar atau ngga terasa. Hanya karena merasa diri kita lebih, bahwa diri kita mempunyai sesuatu yg org lain ga punya, entah itu strata sosial, gaya hidup, sifat,sikap atau apalah namanya...... padahal ( menurutku ) yg namanya kebahagiaan justru datang dari kesederhanaan ttg segalanya, ugh yyeeaahhh !!! Kalo ga percya, cobain deh ke panti jompo ,tanyain ke beliau, yg berumur lebih dari 65 thn. Kenapa begitu ???? silakan dicari sendiriiii....salah satunya yg pasti ialah, ajaklah mereka mengobrol dan saya yakin mata mereka akan berbinar-binar bahagia, karena kesederhanaan dari kehadiran saja sudah memberikan efek yg dahsyat bagi mereka. Begitu pulalah sebuah kesederhanaan memberikan efek besar di kehidupan kita.
Kemudian, yg lebih menggelitik hati dan sudut fikir saya ialah apa bedanya hal diatas dengan disandangnya suatu predikat di diri kita ?? misalnya sih kita disebut-sebut sbg suatu sosok yg baik, yg cool, yg alim, yg saleh, dsb.... maka hati-hati deh ya .... kalo kemudian kita berusaha mewujudkannya karena sadar bahwa itu baik bagi kita, kayaknya ga masalah deh, palagi dilakukan dgn ikhlas karena ridho-Nya saja ( tdk semua org bisa begitu !! )...... lhah problemnya ialah kalo sebenernya kita tahu bahwa kita tak sebaik itu kemudian kita melakukan segala cara agar keliahatn menjadi orang yg baik, yg bagus-bagusnya aja, dsb. Oh,iya..... ya itu tadi si jaim alias tukang jaga image. Mungkin sih kebanyakan kita ngga ngerasa kalo sebenernya kita jg jaim, tapi ya kembalinya tetep aja ke diri kita deh yah .... gimana memproteksi diri dari itu semua. ... bahkan kalo bisa sih kita membangun sebuah benteng yg syibbbb, yg kuat goncangan gelombang maupun kuat 'isin'. Sementara ini sih, taktik terampuh buat itu hanya dengan sikap 'tawadu' atau rendah hati, bukan rendah diri lho yah ??? Mana ada coba orang yg tawadu bakalan riya' atau sombong ??? termasuk pula si ja-im itu sih pastinya .........

gbrKalo diliat-liat, kesian juga ya si jaim ??? Udah membohongi diri sendiri, membohongi yg bikin dia hidup, membohongi publik ( wah, ini bs diseret ke meja hijau dunks ! ) plus suatu saat juga bakalan ketahuan juga kok belangnya, bukankah Yg diAtas Maha Adil ??? hhhmmm..... kalo ngga mampu mbok ya sudah, jangan aneh-aneh. Kalo merasa belon bisa, mbok ya belajar gimana caranya biar bisa. Kalo merasa dirinya 'lebih' drpd manusia disekitarnya, mbok ya berusaha agar bisa pula menajdi manusia 'lebih' dihadapan-Nya...... lalu, saya kok malah jadi lebih suka disebut manusia bodoh sih ..... hayooohh kalo ada yg brani ??? kkqqkkqkq ..... pengen benjol pa babak belur ??? silahkan pilihh.... pilihhh..... mumpung anggettt ...... seribuan saja !!!!
Trusss, ada lagi yg saya herankan di para remaja generasi kita. Kayaknya kok sudah banyak banget budaya-budaya aneh-2 yg sedang berkembang dan begitu dipanuti. Bila dulu pake kaos kaki beda warna udah sangat malu sampe merah padam gelap gulita, tapi sekarng jadi mode yg 'in'. Bila dulu sekolah make kemeja wajib dimasukin ke celana, sekarang kalo ngga keluar separuh tuh kayake gak gaya. Bila dulu orang malu berangkat sekul make celana robek, kenapa sekarang justru banyak baget baju robek dijuwal di outlet fashion ?? bahkan celana jeans yg udah belel dan pudar warnanya dibagian 'itu' ??? tahukah kamu bahwa di barat sono justru jeans itu dipake para tukang dan pekerja lapangan saja ???
ck....ck....ck.... ternyata saya memang sudah tuwa.... ( dan saya emang org yg cuek ma penampilan !!!ah, egp !! ).
Bila dulu mau mabuk miras itu sembunyi-sembunyi, maka banyak banget disekitar saya yg udah ngadain mabuk bersama rame-rame dipinggir jalan. Dan parahnya jika ada org yg ngingetin malah diajak sekalian, bila ga mau dikatain sok alim-lah, sok suci-lah, dst..... Bila dulu orang malu disebut norak, sekarang kalo ga norak mah ngga gaul....
wess.....mbuh... ra mudeng !!! mungkin pikiran saya saja yg cupet ngga ngikutin jaman, tapi saya tetep ngeyel dan ngga mau kok kalo ikut2an ama si jaman yg semakin edan, yen ra edan ra keduman dadi wong eiddannn..... biarlah saja saya ini apa adanya , biarlah saya dikatain ngga gaul, biarlah saya dipandang aneh dgn apa adanya, toh saya adalah saya, karena saya ingin menjadi 'saya'..... bukan anda, kamu, dia atau yg mereka katakan. Be your self, be my self Saya ga bakalan minta macem2 sama sampeyan, Do'akanlah saja agar saya selalu bisa menjadi seperti 'saya' yg selama ini..... ya? bahkan lebih baik tentunya. Bukan saya ini bangga menjadi saya seperti selama ini, bukan pula saya menjadi betah seperti sekarang 'saya' ini, bukan pula mau sombong dgn segala kekurangan saya ini, tapi .... seperti yg kalian tahu, karena saya hanyalah mahluk yg sekedar mencoba manjadi manusia saja, yg tentunya bisa me-manusia-kan para manusia lainya dan juga bisa berlaku seperti manusia yg hamba-Nya. Amin !!
Eh, tapi ada juga lho model jaman dahulu kala yg masih bertebaran di jaman ini, tapi kok ngga atau belum ada juga yg berani menirunya.... apakah gerangan ??? bahkan model pakaian kayak itu sudah dibuat sekuel pilm-nya beberapa kali lho ??? yaitu model celana dalam-nya mas superman yg dipake diluar .... wwwkkqkkkqkq....... hayohhh, sapa yg brani niru ??? paling juga cuman kang betmen 'n robin yg pake .......

"pemberian paling berharga bagi seorang muslim adalah nasihat baik, karena ia tak hanya bermanfaat untuk dunia,tapi juga untuk akhiratnya." ( 23/6/2006,21:52 WIB sms by Ken )


Nb.
hanya Kau yg buatku luruh
hanya Kau yg buatku terhanyut
hanya Kau yg buatku terbuai
hanya Kau yg buatku separuh raga melayang
hanya Kau yg buatku hangat dan tentram
hanya kau yg buatku tersenyum dgn tenang
hanya Kau yg buatku terbuai dlm andai
..... lalu .........
kenapa kamu masih disitu ??
hush... hush... sssshhhh..... !!
....guubbrrrakkss.......

myspace code

sudahkah anda ja-im hari ini ??? hehhhe....

3 comments:

TaTa Handono said...

Horeeee Jadi yg pertama.. it's been an honor to me hehehe.. salam kenal wat mas funs..sayang pas saya ke sby kemaren gk bisa ketemuan ...

TaTa Handono said...

ha ha ha bisa aja nih mas funs bisa2 idungku kembang kempis negh hehe ... salam kenal balik.. aku link yah mas funs blog na ... makasih

Kelinci said...

Whuaaah pussnya luchu ya???