10 June 2006

Sang Raja

Alkisah, ada dua Raja yg mempunyai wilayah yg berlainan dan berbatasan dgn laut yg sama. Sebut saja Wilayah I dikuasai oleh Raja X yg lalim, kejam, suka menindas dan semau gue. Kemudian Raja Y yg mempunyai wilayah ke II, suatu wilayah yg makmur, tenang, aman dan tentram karena sang Raja sangat alim, saleh dan bijaksana.
Pada suatu saat, Sang Raja X mengalami sakit yg amat sulit obatnya. Raja tersebut mewajibkan seluruh anggota Istana maupun rakyatnya untuk mencari obat buat dirinya. Bagi yg tidak mencarikan akan dihukum berat, bahkan orang yg tua sekalipun tidak luput dari hukuman. Akhirnya seluruh elemen masyarakat disitu dengan sangat terpaksa mencarikan obat untuk Sang Raja.
Tidak berapa lama kemudian, Sang Raja Y juga mengalami sakit yg sama dengan Raja X. Bedanya ialah seluruh rakyat dan anggota Istana mencarikan obat buat Raja Y dengan ikhlas dan penuh pengharapan agar sang Raja segera sembuh dari sakitnya. Dari yg tua sampe yg muda, dari wanita sampe yg waria, dari yg gedhe sampe yg kurcaci, dari mahluk begundal preman sampe mahluk halus sekalipun, semua begitu giat mencari macam obat untuk Sang Raja yg amatlah mereka sayangi itu.
Akhirnya, setelah beberapa tahun berlalu , konon datanglah seorang tabib dari negeri teramat jauh yg mengetahui obat sang Raja tsb. Yaitu sebangsa ikan yg hidup dilaut yg teramat dalam yg ngga bakalan bisa dicapai oleh manusia. Ikan itu hanya keluar ke permukaan laut pada saat musim tertentu dan tahun-tahun tertentu saja dan sekarang emang lagi engga musimnya.
Kemudian, Tuhan menyeru kepada malaikat agar gerombolan ikan itu segera muncul ke permukaan di sekitar wilayah kekuasaan si Raja X. Akhirnya, dengan tergesa-gesa semua rakyat segera menjaring ikan itu dan sembuhlah si Raja X tsb. Dan begitu mendengar kesembuhan si Raja X tsb, maka berduyun-duyunlah rakyat dari Raja Y bermaksud mengambil ikan-ikan itu untuk obat Sang Raja yg mereka sayangi. Kemudian, tanpa dinyana oleh siapapun, Tuhan kemudian menyerukan kepada malaikat agar segera menyuruh gerombolan si ikan segera kembali ke dasar lautan. Sang Malaikat-pun akhirnya protes " Lhoh !! bukankah Sang Raja Y justru lebih patut mendapatkan kesembuhan drpd si X ??? Kenapa begitu ??? " Akhirnya Tuhan menjawab " Ketahuilah bahwa segala urusan adalah kepunyaan-Ku, dan Akulah Yg Maha Mengetahui !!!!! ", maka Sang malaikatpun akhirnya ngeloyor pergi untuk segera melaksanakan perintah-Nya.
Walhasil, rakyat Sang Raja Y-pun kecele dan engga mendapatkan seekorpun ikan buat kesembuhan sang Raja. Akhirnya Sang Raja Y lebih bersabar dan lebih mendekatkan diri kpd-Nya.
Setelah Sang Malaikat selesai melaksanakan titah-Nya dan kembali menghadap-Nya, kemudian Tuhan berseru " Ketahuilah wahai hamba-Ku, Aku akan membalas kebatilan manusia, walaupun sebesar biji dzarah. Dan Akupun akan membalas kebaikan manusia sekecil apapun itu !!! Sejahat-jahatnya manusia, pasti mempunyai kebaikan walaupun itu setitik, dan sebaik-baiknya manusia juga pasti mempunyai keburukan, walaupun itu sedikit. Maka Aku segerakanlah membalas amal mereka agar aku engga punya hutang kpd mereka dan agar Aku bisa membalas sisa amal merka dengan sempurna di hari pembalasan nanti !!! Dan bila hamba-Ku adalah benar orang yg Alim, Saleh lagi teguh terhadap-Ku, maka bagaimanapun kondisi dia, pasti akan kembali kepada-Ku !!! " Akhirnya Sang Malaikatpun manggut-manggut dan bilang " Ooowwwhhh....... begituuuuu ya !!! "
"Ck..ck...ck.. canggih juga !! " ( eh, kalo itu aku yg ngomong lho )
Ternyata, dibalik segala musibah, segala beban, segala keadaan, selain wajib bersyukur, kita juga wajib menyadari bahwa Dia Yg Maha Penyayang itu memang bener-bener sayang sama kita, dan penuh Kasih yg sebesar-besarnya Kasih yg tak terhingga. Siapa yg tahu jika musibah dan keadaan negatif atau minus kita saat ini adalah keindahan kita untuk hari esoknya. Semoga !!!!

Nb.
Hidup memang indah !!
--- jika kebaikan saja yg kita ambil
Hidup memang penuh makna !!
--- jika pelajaran yg kita gali
Hidup memang adil !!
--- jika kita letakkan sesuatu pd temptnya
Hidup memang hampa !!
--- jika kita tak bisa mengambil appun dr hidup
Hidup memang payah !!
--- jika manusia ingin hasil tanpa usaha
Hidup memang busuk !!
--- jika karatlah yg menguasai diri
Hidup memang ...
--- aahh..... terserah anda menyikapinya !!

Dan itulah hidup !!!!
Terserahhh.... mo kemana kamu bawa ....
Anda bukan saya,
Saya juga bukan anda,
apalagi dia dan mereka ??
( tentu saja saya tidak tahu )
Sudahlah ........ !!

12 comments:

Sisca said...

Mas, renungan yg dalam,

bagi sisca, hidup memang harus disyukuri dan di nikmati...perkara jadi baik atau jahat dimata orang, biarlah hanya Tuhan yg menilai.

~fitri~ said...

semoga hidup ini terus berjalan membaik dan semakin baik. amien.

Susan said...

ck..ck..ck..canggih juga! hehehehe tapi bener juga sih dan ceritanya boleh juga. salut!

Rho Mayda said...

oooh begiiitu yaa... *manggut-manggut*

iya tuh, semuanya tergantung manusianya dhewe-dhewe. mau mengartikan hidupnya seperti apa. atu mau bikin hidupnya berarti ato enggak.

(dan sebetulnya hidup tuh ngga busuk ya) hmmm...

It's just me said...

nice story....memang dibalik semua bencana dan anugerah, pasti ada hikmahnya....makasi critanya yaaa

WeSy 'CiCi' said...

marilah qta manfaatkan hidup ini dengan sebaik2nya, di jalan yang semestinya yang penuh dengan Ridho-Nya. Amiiinnn.

sand said...

wah.. pinter mendongen pnjenengan pak.. btw trus nasibnya raja Y piye ? **penasaran

mata said...

hidup hanya untuk hidup itu sendiri
jika tiba saatnya maka matilah mati

sudah titik...

tinggal gimana cara kita dalam menjalaninya...

mungkin begitu \kali yah :(

shofa said...

*menunduk*
huks.. huks..
dalem bgt :(

yah hidup emang pilah juga c..

unwinged said...

Funs, berarti ntar masuk neraka hanya sementara saja ya ? Seandainya saya pernah membantu seseorang barang sedikit padahal saya adalah pendusta dan pemerkosa apa saya juga akan masuk surga ? Atau saya positif masuk neraka karena balasan atas kebaikan saya sudah di berikan di dunia yang berwujud orang orang yang saya dustai dan saya perkosa ?

des said...

...baca disini tuh emang paling asik, baca nasehat, baca hikmah tapi bisa sambil cengar cengir hehehe...

Ai said...

Mas funz bner bgt...
jadi orang baik aja dah susah..apalagi jadi orang jahat... XD
Jadinya ya..yg pasti2 aja d.. ^^V