27 February 2006

Report of "Bakar-bakar Kak Priwul "

Saat hasrat begitu menggelora,
Dimana rasa begitu membuncah kepala,
Sebagaimana angan mencengkeram dendam,
Dan lidah begitu kelu berangan,
Serta gejolak begitu terpendam dlm keinginan,
Dgn hati begitu menggoda sang jiwa,
OOooowwwhhh .....
akhirnya kesampaian jg,
makan ikan bakar rasa karbon !!!

( Judul : "1rst Burn" by foens )


Sekapur sirih :
Dari jauh hari sih sebenernya acara mo bakar-bakaran rumahnya Pak Kriwul udah di publish dgn kompor-dinator sdr Balung suGundul.... dan yg mo positip datang kayaknya udah begitu menjanjikan. Padahal waktu itu saya sendiri masih meragukan diri bisa hadir apa engga [ tdk laen tdk bukan krn STNK-nya blom jadi ! Kalo kena razia wong elek tanpa STNK gmn coba ?? ]. Saya sebenernya hanya pasrah mo nunnggu kalo- kalo ada tunutan kendaraan .... hiks ... !!!
Dari sehari sebelum acara juga udah di sms ma Bu DB sih .... trus juga di bel ama Wulan dgn berakhir ketemuan di kostnya Balung suGundul...., dan ngga tahu juga ada yg ngusul mo make komuter dan Bu DB inisiatip kasih kabar ngumpul di St Gubeng jam 8:30 WWIB. Truss ada kabar juga kalo yg ngga naek kommuter jadi ngumpul di Warnet URIKA jam 09:00. Hanya saja sayang seribu sayang, bu Db ngasih sms susulan sekitar jam 11:00 malem sebelum hari H ,kalo jadwal kommuternya mundur dan ngumpul jam 08:00 pagi. Lhah, jam sebelas itu aku dah ngimpiin si indah .... eh, maksudnya udah mimpi indah to Bu, dan abis subuh nerusin bikin peta di bantal tanpa celingukan ke HP, so pasti jadi ndak tau kalo ada sms ituh. Eh, sejujurnya pas subuh itu saya udah megang HP ding !!! hehhehee ... tapi cuman matiin alarm doank tanpa liat ke layar tancep ...eh, layar HP !!!
Pas hari H, sekitar jam 07:45 di bel sama Balung suGundul.... ttg jadi enggaknya mo berangkat ..... lha aku kan mak gragap terkaget- kaget dgn buyarnya mimpi sama si Indah ... hehhehee .... [ eh, ternyata pulau-nya belom jadi juga !! Mungkin 'meler'nya kurang banyak ...wwaaakks.... jijai....tanpa hurup 'y' ] dan akhirnyaa ya ketemuan beneran di kostnya Balung suGundul..... Akhirnya sekitar 10:00 kita bertiga pada ke warnet Urika dgn H2C ( Harap-harap Cemas ) kalo udah ditinggal ama anak-anak. Dan ngga taunya sih ..... tingak tinguk disono ngga ada mahluk satupun yg keliatan buntutnya, palagi jempol kaki-nya. Kurang asem tenan kok ancene ...
But, msh penuh perjuangan jg sih bel sana bel sini siapa tau ada yg bisa ikutan bareng, ternyata hasilnya nihil banget. Yo wes lah, dengan dada setengah lapang, dan perut udah berdendang keroncong plus motor tanpa STNK, kita bertiga brangkat ke Pak - K - tanpa acara ngebut gila- gilaan. ( Maksudnya gilanya sekali doang ... !!! hehhe ... ) Oh,iya. Mampir dulu ding sarapan nasi tendang[Sego sadukan, Red basa Jawa] di warung kopi sing Mbaknya manis ( jarene Balung lho ya !! ) yg waktu itu kebetulan apes ngga ketemu [ mungkin masih bikin pulau juga ya ... ??? ck...ck..ck.... cewek jaman sekarang !!! ]. Aselinya sih hati kebat- kebit juga , tapi bukan karena Mbaknya yg warung kopi .... bukan lain dan tidak bukan karena selain STNK ngga ada, SIM-ku kan juga ngga ada !!!
Tapi syukurlah, semuanya baik- baik saja sampe akhir walaupun penuh perjuang banget. Lhah perjuangan apa to ??? Simak deh baik- baik macemnya perjuangan kita- kita ini :
  • Bangun Pagi ! Hhhmmm ... bukankah Minggu adlh hari ranjang sedunia ??? Kayaknya hari itu 'hak' kita udah dirampas dg semena-mena deh !!!!

  • Kendaraan ga ada STNK !! Tapi terbukti kalo nekat itu lebih baik drpd ngga jadi berangkat .... wweekkss ....

  • Bakar ikan !!! ( itu jg perjuangan lho , lha gmn lagi... udah habis 4 ekor ikan baru ketemu menu mbakar yg enak ... ugh ... knp ngga dari awal ya ??? Ini pasti gara- gara Virus yg bukan burung )

  • Salut ma Arimogi !! ( Bagaimana tidak ??? saat dihubungin beliau cuman bilang 'ya tak usahain bisa dateng' dan ternyata dibela- belain naek motor dari Malang ke Surabaya dan balik lagi ke Malang buat hadir di Pak Kriwul ..... aseli saya salut deh !!! palagi nyangking kamera yg jadi angan- angan kami sebelumnya bhw kita ngga ada jeprat- jepret. Padahal dia dateng udah telat banget ..... begitulah !!! kata Rho sih 'terkadang manusia ngga ngerti seberapa serius dan seberapa penting seseorang menganggap sebuah perkataan atau ucapan ' )

  • Kehujanan !!! ( Lhah wong keluar dari rumah Om Kriw udah dipayungi ma mendung yg tebel banget yg dgn penuh kasih sayang mengguyur kita- kita ini yg emang blom pada mandi )

  • nge - Ban !!! ( Nah, yg ini aneh banget !!! sehabis keluar dari perumahan, tau- tau spd mtrnya Balung gembos kehabisan angin. So ngelamut dulu dipinggir jalan sambil nungguin antri nambal ban. Udah gitu, pas mo masuk ke Surabaya juga ban dia kehabisan angin lagi .... wwaahh ....wwaahh .... emang abis dari Pak Kriw , balung itu nambah berat berapa kilo yah ??? kok angin-nya ban spd mtr ngga betah disitu ???? Lung, kayake elu perlu bikin selamatan nasi tumpeng yg kuning buat mbuang sial dan tolak bala [ pokoke ojo bala dewe lho! ].... )

  • Begitulah reportase ini dibuat- buat [nek ngga gitu kan ngga jadi to ?]
    Don't worry, tak bawain oleh- oleh ya, yaitu gambr spt dibwh ini yg versi si foens !!! Kalo pengen tau per-person, Klik aja buat liat yg lebih gedhe ..... Btw, bakar-bakarane tanggal piro sih ??? Lali aku ....

    Gbr Bakar Ikan !

    Renungan hari ini :
    "Seperti gelap gulita di samudra yg dalam yg diliputi oleh ombak, yg diatasnya ada ombak, diatasnya ada awan. Gelap gulita tindih-bertindih. Apabila dia mengeluarkan tanganya tidaklah hampir dia dapat melihatnya dan barang siapa yg tiada diberi oleh Allah cahaya, maka tidaklah ada baginya sedikit cahayapun"(Qs. An Nur :40)
    Tidakkah kita takut akan ungkapan diatas ?? Bila kita sudah diberi sedikit saja cahaya oleh-Nya, mari dunks kita jemput cahaya itu sehingga membuat lebih terang hati dan jiwa kita, bahkan kalo perlu sampe silauuu mmaaannn.... [kalo bisa ]. Jangan sampe deh ya kita jadi org yg malas beribadah, apalagi jadi manusa yg bodohnya berlipat ganda spt tersirat diatas [ karena saking gelapnya sang gulita yg berlapis-lapis shg tangan sendiri hampir tak nampak !!! ] dikarenakan enggan menerima dan melaksanakn Nur / petunjuk-Nya.
    Coba deh kita renungkan sejenak dengan taklim perkataan Rasulullah SAW : "Buah hatiku adlh bersandar dan berzikir kpd-Nya. Kesedihanku adlh kebaikan bagi umatku, sementara kerinduanku hanyalah untuk Allah, Tuhan Yg Maha Tinggi"
    Bahkan menurut Anas RA : " Apabila engkau ingin mendapati Nabi tdk beribadah di mlm hari, sungguh engkau takkan mendapatainya karena beliau selalu beribadah di mlm hari"
    Padahal beliau SAW adlh manusia yg dijamin masuk surga, kenpa masih ngotot juga untuk beribadah ??? Kata beliau sih " Bukankah aku harus menjadi hamba yg bersyukur ??? " ( Bukhari ). Nah, marilah kita buktikan bahwa kita bisa sbg hamba yg penuh syukur dan mengkilap bercahaya tapi menyejukkan sekitarnya,yaitu dgn cara seperti cara beliau SAW : ibadah yg khusyu' dan kenceng tanpa lelah ..... plus tulus & ikhlas lho yaaaaa .....
    Hidup adalah pilihan, itu benar ... tapi lebih sseeppp lagi, hidup adlh untuk berkorban, yaitu berkorban kpd-Nya secara total dan kaffah seperti beliau yg mulia Rasulullah SAW .... ( Mungkin itu ya, mengapa kok Rasulullah SAW sampe mendapat julukan Habibullah, Sang kekasih Allah ?? )

    5 comments:

    Rho Mayda said...

    1. nasi tendang ki rasane piye? efeknya piye?
    2. iwake cakep
    3. an-nurnya cakep

    Ratih said...

    hai, lam kenal ya.... asyik tuh bisa bakar2 ayam, jadi pengin..:-)

    devie said...

    sepuntene lik gak bisa ikut. [thanks buat telpunnya] :D

    Sisca said...

    mas Foens, seru banget kopdar nya, asyik ya..bisa gitu..say mah kebagian beritanya aja, entah kapan bisa kumpul bocah macam geneh...huehuehue

    foens said...

    1. to Rhomayda : Sego sadukan kie sego bungkus biasa sing di dol neng warung kopi ... :)

    2. to Ratih : Lhah dgn gamblang kalo yg di bakar kak priwul .... eh, ikan aer kok.... bukan ayam gitu ...

    3. to Devie : Hiyo dev, ic ....

    4. to Dek Sisca : { dek opo budhe ? }
    Mangkanya, sempetin waktu dunks biar bs ngerasain anak sini yg rata-2 'bocor' semuwa ... hahhhahaa .....

    5. Lagi iseng ...