22 September 2006

Keindahan takkan usai

Bila saja boleh kubermimpikan
keindahan seperti apakahh yg kuharap
dan sangat kuinginkan dari dasar hati ini ???
tahukah kau ???
Ah, jangan kau jawab tidak
karena itu adlah dusta
karena kau juga punya dan ada
sebentuk keindahan versimu
yg mungkin bisa kau bagi untukku
...dan.... Ah, jangankau jawab iya
karena itu berarti kau sok tahu
karena jujur akupun sulit
tuk mengartikan dan mendefinisikan
semua hal dan segala bentuk
keindahan ataukah sekedar kesenangan ???


Sesaat yang lalu, saya kebetulan membaca suatu puisi yg indah tapi menyentuh, dan sekaligus pula suatu keluh kesah yg menghanyutkan pembacanya ,yaitu tentang seseorang yg berharap keindahan dari seseorang yg lain tuk menuai kebersamaan. Kemudian, dlm alam logis saya berpikir " Saya kan hidup di dunia ya? dan selamanya yg namanya keindahan dunia itu kan semu alias engga salamnya, alias engga abadi ??"
Kemudian lagi, saya renungkan kembali ...
Buat apa mencari keindahan jika ( saya pikir ) ada keindahan lain yg tiada tara yg ( mungkin ) bisa saya usahakan walau banting tulang dan setengah mati. Keindahan apakah itu sehingga saya dimabuk kepayang dan menibulkan begitu dalam hasrat terpendam ??? yupsss, tentu saja berkeindahan dengan ketenangan dan kemesraan bersama Dia Sang Pencipta keindahan dan kebaikan. Trus, kemudian alam berpikir saya lebih menggelora lagi. Jika saya begitu menginginkan keindahan bersama seseorang, apakah nanti akan selamanya keindahan itu saya rasakan ?? padahal yg namanya dunia fana itu tdk selamanya .... termasuk pula keindahan yg akan saya rasakan nanti. Kemudian, bila keindahan itu telah saya kecap, telah begitu menjalar di akar kehidupan fana saya, trus suatu saat Dia membaliknya dengan 180 derajat, apakah yg akan terjadi dengan saya ???? Apakah saya akan kuat setelah begitu terlena dgn keindahan itu ??? apakah saya akan harakiri atau kendat dibawah jembatan ?? ataukah saya 'hanya' akan masuk rumah sakit jiwa ??? ..... entahlah..... saya hanya ngga pengen terbuai dengan kesenangan dan keindahan semata dan itu bisa saya usahakan mulai saat ini juga. Bukankah prepare lebih baik daripada repair ??? Apalagi merepair hati sendiri.... mampukah ??? sementara selama itu saya menutup dan membuntu hati saya dengan keindahan semata ???
Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan) nya kembali; kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan.
(QS. AR RUUM:11)

Mungkin, sulit bagi anda memahami jalan pikiran ini, bagaimana tidak ??? lha wong saya sendiri masih belajar memahami hati saya sendiri kok. Bila anda anggap mudah, maka wajiblah anda mendonorkan kemudahan itu bagi saya yg membutuhkan .....
Sungguh, menyelami diri sendiri begitu sulit, mungkin tak sesulit menyelami orang lain walopun itu pula tak mudah. Trus, bukankah itu arti anda sebagai orang lain dikehidupan orang yg lain lagi ???
EH, balik lagi ke bab satu ,yaitu keindahan.
Bagi saya.... kebersamaan dengan somewan spesial tidaklah penting !!! walaupun fitrah ini menuntut kesepadanan sosok rusuk sebelah kiri, tapi apa yg lebih penting ialah tentang apa dan siapa serta mau apa kita disini. Egois ?? tentu iya .... sebab dlm peningkatan kualitas diri sendiri, saya pikir itu perlu, toh saya ga perlu terhanyut dengan kata 'gaul' yg kebanyakan akan menyeret saya kedalam jurang keindahan berbuntut sesal.
Kesimpulanya ialah percayalah, kebersamaan dengan seseorang didunia fana bukanlah keindahan yg mutlak dan harus ada, tetapi yg kudu hadir adalah wujud keindahan bersama dgn-Nya disetiap denyut nadi kita, bahkan disaat dengan orang terkasih sekalipun !!!! Kenikmatan apalagi yg bisa saya harapkan dari tulang rusuk itu ???
Dunia memang hadir dengan segala keindahan-Nya, tetapi keindahan itu pulalah bagaimana kita harus menyikapinya. Bisa jadi keindahan itu berkah yg penuh kenikmatan, atau justreru akan menjadi suatu bara bahan ujian semata, atau malah akan mendatangkan bencana bagi anda. Terserah anda menyikapinya !!!
U are U ... What U want to be ...
Bila anda pikir hidup anda payah, susah, so terrible, itu karena anda mengkondisikan diri anda sendiri demikian.
Bila anda pikir hidup ini memuakkan, penuh ketidak baikan, atau muslihat dimata anda, jangan-jangan.... pola pikir andalah yg mengendalikan dan memenjarakan ruh anda dlm box itu .......
Bila anda pikir hidup ini penuh kekejaman, sungguh merana dan sia-sia, jangan-jangan hati dan pikiran kitalah yg belum terbuka sehingga tdk bisa melihat keindahan diluar sana, sehingga pula keindahan itu akan sulit diraih dan hanya berujud impian semata
Sudahlah... apapun yg anda alami, pikirkan dan pertimbangkan.... Dia sudah menciptakan keindahan untukmu !!!!
Semoga.... bila saatnya tiba, semua akan baik-baik saja ........
Semoga.... bila sesuatu datang, akan kuatlah ruh dan jiwa kita ....
Semoga.... bila keindahan ada anda rasakan, ingat-ingatlah saya .... hehehe....
( minimal bakpao kacang ijo !!! )

Tataplah mata ini ( lagi )
dan yakinlah dg segenap asa-mu
bahwa ini hanya milik-Nya
bahwa ini hanya takdir-Nya
bahwa ini hanya kisah-Nya
tiada yg benar-2 usai
melainkan semua adalah awal
bagiku,bagimu,bagi kalian semua
dan jujurlah sejak awal
karena itu adalah segala modal
untuk semua harapan
dan kebaikan semata

2 comments:

b. gundul S. Farm said...

walau badai menghadang... jreng.. jreng.. jreng..jreng..
ingatlah ku kan slalu setyaaa menjagamu...

Ken said...

Intinya, keindahan itu memang mutlak milikNYa, dan jiwa ini pun milikNYA, jadi siapa yang akan memiliki hati ini kecuali DIA saja.....