12 July 2006

Ngelamun ??? 'or' nge-renung ????

Apa sih bedanya dari dua hal diatas ??? Kalo kesamaan-nya sih jelas banget keliatan, yaitu sama- sama lagi mellow. ya kannn ??? Entah itu krn patah hati,jatuh hati atau banyak masalah, lagi mengkhayal yg iya-iya, mengagumi sesuatu, lagi blank dan hang, dsb. toh sama-sama sisi sang perasaan lagi menonjol.
Apabila boleh memilih, saya tentu akan lebih senang merenung drpd ngelamun. Menurut daku peribadi, Merenung itu kan lebih condong kpd berpikir dengan perasaan, jadi masih ada kegiatan nyata yg dilakukan. Contoh sederhana ialah :
---> Saat kita sedang ditimpa suatu masalah, dgn merenung akan menghasilkan instropeksi diri.
---> Bila kita sedang dikarunia rezeki banyak, dgn merenungi hakekat rezeki tsb, maka kita akan ingat sedekah atau minimal infaq karena rizky itu memang berasal dari-Nya dan lebih baik kembali juga pdNya.
---> Pas kita lagi hepi jalan-jalan, dgn kegiatan merenung maka kita akan selalu berpikir bahwa hepi-hepi kita, atau jalan-jalan kita bisa bermanfaat bagi kebaikan, atau juga membahagiakan org lain.Bukankah sudah lumrah bahwa kita manusia kudu ingat berbagi kebahagiaan bagi sesama ??? Bukan hanya sedih dan dukanya aja dunks disebar ke sobat-sobat kita. Bagaimana caranya ??? Minimal sih dengan 'senyum' sehingga org yg ketemu kita pas jlana-jalan ngga jadi bete. Selanjutnya, banyak banget hal-hal yg bisa menjadikan kita beramal selama di jalan. trus .... saat kita kumpul2 juga kita bisa menggosipkan sesuatu ( bukan seseorang ) agar setiap yg hadir disitu bisa membawa pulang kebaikan dan pencerahan diri. Seeepp.....lah !!!! Maksudnya gimana ??? yaaaa mbahas aja sesuatu yg bisa bermanfaat dan berguna bagi jiwa maupun jasmani kita.
---> Mo makan dgn lauk sambal + tempe, saat direnungkan akan menjadi hal yg penuh syukur bila kita ingat banyak saudara kita yg masih kesulitan buat makan sehari-hari.Yg pasti sih jangan sampai deh org disekitar kita kelaparan sementara perut kita bisa kenyang, karena berarti kenyang kita belum dapat dikatakan berkah, dan sesuatu yg engga berkah itu berarti belum atas lisensi dari ridho Allah SWT.
---> Saat kita beribadah, maka dgn merenung kita akan selalu ingat untuk apa dan hakekat apa kita beribadah, juga akan lebih menghayati dan memudahkan ke-khusyu'an yg memang sulit itu. So, dgn merenung maka Ibdah kita tidak hanya rutinitas saja, apalagi sekedar pengugur kewajiban semata. Bahkan perlu pula kita tanyakan kpd diri sendiri, sudah berartikah ibadah kita dihadapan-Nya ??? sudahkah ridho-Nya melekat di setiap item Ibadah kita ?? atau jangan jangan, sudahkan kita beribadah kpd-Nya ??? ck...ck..ck..
---> ................dst. karena setiap jengkal kegiatan kita sebenernya bisa mempunyai arti dan nilai bagi kehidupan.
Bagaimana dengan ngelamun ??? Kayaknya sih yg namanya ngelamun identik dengan otak atau pikiran yg mengembara entah kemana.Apakah ngelamun bisa bermanfaat ??? Pada kasus tertentu memang dikehidupan kita masih dibutuhkan. Misalnya ialah :
ngelamun yg kreatip = berimaginasi, tentunya di bidang seni amat vital artinya karena tak jarang pikiran yg melanglang kemana saja itu menghasilkan karya yg .... wwaaooowww .......
Ngelamun ttg masa depan = menjadikan kita punya cita-cita sehingga efeknya kemudian ialah kita bisa mempunyai pilihan hidup walapun kenyhataan tak selalu seindah lamunan, hehhehehe .....
Bagi pengarang, ngelamun juga bisa mendatangkan ide dan alur atau plot yg aduhai sekali.....
Adakah hal lain lagi yg bisa dijadikan item ???Sebenernya masih banyak jua, Soalnya selain hal diatas itu sih kayaknya ngelamun selalu buang-buang waktu saja, juga buang energi otak kita plus mencondongkan sikap mental kita yg selalu bermimpi tanpa berusaha meraihnya. Bahaya kan kalo udah dlm tarap ituh ??? Apa dong bedanya sama org yg nge-drug dan nge-fly dgn narkoba, putauw, sabu-sabu bahkan buah kecubung ???

Nb. Ma'afkan saya jika saya khilaf dan berpikir sejengkal saja !! Bukankah itu kewajiban anda mengingatkan saya ???

7 comments:

b. gundul S. Farm said...

aku dirasani maneeehhhhh..... hehehehe

The Can said...

Hmmmm dasar Balung, kau selalu jadi inspiring personnya Mase :D

si kecil said...

mas,lung, mbak, qta ber-4 merenung yuukkk!!!

1,2,3...merenung dimulai.
huehehe :D

the can said...

ayuhhhh!

Rockerz said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda apa yang BOLEH MENJADIKAN ANDA KAYA. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. Pendaftaran Percuma. Peluang kaya dengan cepat di sini.

Jeego said...

Hai, Anda mempunyai blog yang hebat! Saya akan bookmark blog anda!

Saya ada website cara mudah buat wang. Peluang cara mudah buat wang di sini.

Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

Sisca said...

Mas Foens, mari saya ingatkan berpikir sejengkal itu lebih baik drpd tdk berpikir sama sekali *kabur*