29 July 2006

Adakah saya 'cool' ..???

Bagi saya, bagi anda, tetangga anda, sodara dan tetangga kampung anda, org diluar negeri sono, bahkan bagi semua orang-orang di dunia ini, apa sih yg kita cari selama hidup kita ??? selama umur-umur kita menghiasi hari ??? selama mata dan panca indera kita berfungsi ??? bahkan selama ruh kita menempel kayak perangko di tubuh kita ??? Mungkin kalo boleh saya yakin ,akan banyak yg menjawab bahwa kebahagiaan-lah yg kita cari , entah itu kebahagiaan untuk diri sendiri, untuk keluarga dan belahan jiwa kita, maupun untuk kebahagiaan setelah didunia nanti. Benarkah ???? Padahal menurut saya, memang itulah tujuan segala aktifitas kita, akan tetapi..... sadarkah kita bahwa ada hal yg lebih esensial dlm mencari kebahagiaan tsb.
Dalam mencapai tujuan untuk berbahagia, maka mungkin perlu saya tanyakan kebahagiaan seperti apa sih yg anda cari selama ini ???? walopun jawaban pertanyaan tsb bisa bermacem-macem sekali, bisa berupa mendapat materi maupun non materi. Materi kan bisa seperti mobil bagus, rumah nyaman, belahan jiwa yg menyejukkan, harta yg tak terkira jumlahnya, dst....... sedangkan non materi bisa berupa tingkat kepuasan yg sangat terhadap sesuatu hal, kenyamanan dan kesenangan yg dirasakan, termasuk pula keindahan dan kebaikan terhadap sesuatu, dsb ......
Nah, apa yg saya ganjelkan disini ialah tentu setiap aktifitas menuju suatu tujuan tersebut akan sangat beragam, sangat bervariasi dan bermacam-macam sekali, ..... yg tentunya berupa persiapan terhadap sesuatu, kemudian melakukan suatu proses, kemudian baru ada hasil, walupun itu tuk jangka pendek maupun panjang, ya kan ???
Nah, agar persiapan bisa matang, proses yg dilakukan bisa afdol, hal apakah yg bisa melatar belakangi semua itu agar berjalan dengan baik ???? Menurut saya semata, hal yg sangat dibutuhkan itu bernama "ketenangan". Pernah ngga terpikirkan ada kesenangan tanpa ketenangan ? banyak kebahagiaan berlaku tanpa ketenangan mengiringi ??? akan jadi apakah bila ketenagan tak mengiringi kesenangan dan kebahagiaan kita ??? apa bukanya malah kita bisa kebablasan dlm merasakan kesenangan tsb ??? apa bukanya akan lebih jauh kita terperosok kedalam jurang yg dalam jika suatu saat kita kan terhempas oleh sesuatu hal ??? lagipula, jika kita bisa tenang, bisa cooooollll.... saya yakin buangetttt kalo semua persiapan yg kita lakukan ngga ada yg terlewat, proses menuju cita-cita yg dilakukan dengan penuh ketenangan tentu mempunyai angka resiko yg lebih kecil, termasuk pula dalam perancangan suatu strategi ( misal dlm beribadah, berbisnis,dsb ), truss....pertimbangan abnormalisasi (..hayyahh !!! ) yg lebih masuk akal, bahkan penanganan suatu masalah yg bila dilakukan dengn penuh ketenangan akan menghasilkan solusi-solusi yg cemerlang,efektif dan efisien buknkah begitukah ????
Bisa anda bayangkan, bila suatu keluarga memiliki ketenangan lahir dan batin ???
Bisa anda perkirakan, bila suatu perusahaan memiliki ketenangan proses bisnis dan ketenangan jiwa karyawan2nya ??? termasuk pula ketenangan proses produktifitas ????
Bisa kalian andaikan bila ada suatu bagian marketing yg melancarkan produk dgn behind de secene bernama ketenangan ??
Menurutmu, bagaimana rasa tanggung jawab dan etos kerja seorang karyawan yg hidupnya selalu tenang ????
Adakah seseorang akan terpuruk sebegitu dalam di kehidupanya jika dia adalah sosok yg stabil, yg tenang walopun penuh dinamisasi dan grafik kehidupan yg tak tentu ??
Jika anda pelajar, apa yg anda hasilkan dlm ngerjain soal ujian jika hati tenang dan tak terpengaruh oleh suatu rasa gugup, grogi, takut sesuatu, dsb ???
JIka anda mempunyai pasangan hidup yg menenangkan hati kita, seberapa besar kepercayaan anda kepadanya ??? Bagaimana hidup anda melalui hari bersamanya ????
Terussss....... adakah suatu ketenangan yg hakiki ?? yg selalu menghiasi hari-2 kita disetiap jengkal nafas ???? Jawabnya tentu saja ada, yaitu ketenangan dari yg memberi Hidup kita, ketenanagn yg engga ada habisnya, ketenangan abadi yg hanya didapat dari usaha/ikhtiar dan perjuangan yg sungguh-sungguh kpdNya, ketenangan yg manalagikah selain ketenangan sebogkah hati yg selalu dekat kpdNya ???? Sungguh suatu ungkapan yg indah bagi saya, jika kita bisa melalui hari-hari penuh dengan khusyu' dan berkah .... bukankah khusyu'nya ibadah dan segala aktifitas kita hanya bisa didapat dengan ketenangan batin ?????
Apa ya masih ada orang yg akan harakiri dan bunuh diri jika hatinya setenang telaga kautsar ???
Apa ya ada orang yg akan berbuat mudharat jika hatinya bening setenang langit dikelam malam ???
Apa ya fitnah dan penipuan akan terjadi jika seseorang sudah tenang lahir dan batin-nya ???
Bila kita menginginkan suatu hal, tapi kok belum tercapai juga dengan segala daya, do'a dan upaya, apa bukan-nya nafsu dan ambisi yg akan merajai diri dan mengambil alih hati dan fikir kita ???
Eh,iya.... ada lagi, bisa kita bayangkan akan seperti apakah anak-anak yg dididik atau hidup dalam lingkungan dan curahan kasih sayang yg penuh dengan ketenangan ??? Bukankah dia kaan lebih betah dilingkungan rumah daripada mengikuti arus lingkungan sekitarnya ??? yg katanya jaman-nya jaman edan itu ??? yen ra edan ra keduman ( dadi wong edan ) itu ????
Begitulah pula efek rasa tenang dalam segala lapis kehidupan kita .....
Jadi masihkah anda mencari kebahagiaan ??? ( saya kok jadi lebih suka mencari ketenangan sajalah ..... )
Alhamdulillah, saya masih bisa menuliskan ini dengan segelas teh hangat menemani .... dengan ketenangan yg masih saya cari ( entah nyelip dimana ) .... ada yg nemu ??? bagiiii dunks....


-------------------------------------------------


Hai jiwa yg tenang
kembalilah kamu kepada Tuhanmu
dengan hati puas lagi diridhai
Maka masuklah kedalam golongan hamba2-Ku
Maka masuklah kedalam surga-Ku (Al Fajr: 27-30 )

--------------------------------------------------

Allahumma inni as-aluka ridhaaka wal jannah !! Ya Allah, aku mohon ridha-Mu dan surga-Mu, Amin !!!!

5 comments:

mata said...

I'M COOL

-k- said...

Kalo hidup seluruh manusia di muka bumi ini lurussss aja, keknya gak bakal ada perang ya?
Semoga dari yang kecil2 dulu, kita bisa mulai "meluruskan" hati buat nurut sama yang Di Atas....Aminnn

.n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g. said...

selaen tenang...
yg penting tetep senyuummm... ^____^

adek kecil said...

ada neh mas,nyelip disini!!!*nemu mode on*
huehehe :D

b. gundul S. Farm said...

ooo jadi begituuu