26 October 2005

Yg mana Hak dan Kewajiban





kewajiban dan hak
============================

Menurut Pak muhaimin pas mo traweh tadi malem, sebenernya
surat Al Fatihah itu betul-betul 'mbok'nya segala surat
yg ada di Al Qur'an,nah...kalo begitu bapaknya siapa ????
Menurut beliau juga...bapaknya segala surat di Al Qur'an
ialah Surat Yaasin. Kenapa begitu ??? Baca sendiri deh terjemahnya.
Ntar kan pasti tau.
Jadi kalo Al Qur'an itu mau diringkes atau dikompress file jadinya
ya Surat Al Fatihah itu, maka sebenernya
semua surat didalam Al Qur'an adalah penjabaran dari Surat Al Fatihah.
Di dalam surat Al Fatihah tsb ada dua bagian yg sangat kontras,
bagian yg pertama ialah milik Allah, segala puji-pujian bagi Allah.
Nah, baru bagian kedua adalah milik kamu semuanya yg ngerasa
sbg hamba Allah.
Dimana batas kedua hal kontras tersebut ??
Ada di 'iya kaanak buduu' wa iyya kanasta'iin' yg
artinya hanya kpdMu kami menyembah dan hanya kpdMu kami memohon
Disitu telah jelas sekali terlihat bahwa ada seuatu hak dan kewajiban,
ada sesuatu mutlak yg didahulukan dulu baru meminta haknya.
Apa itu ?? ya so pasti yg itu tadi, menyembah dulu baru memohon !!!
Deskripsinya kurang lebih begini :
Kalo kalian minta bayaran dulu baru bekerja kira2 ngamuk gak
booss kamu ??? hehhehe.....
Normalnya kan kerja dulu yg bener, baru meminta hak kamu berupa
bayaran.
Tunaikan kewajiban dulu baru boleh meminta hak !!!!
Contoh lagi ialah waktu kita shalat. Kita kalo udah menunaikan
ibadah shalat, ada lho yg mak plencing pergi entah kemana,
ga pake do'a gak pake 'minta' sesuatupun.
Padahal rugi berat lho !!! disitu kita punya hak memohon do'a apa
aja yg InsyaAllah bakal dikabulkan olehNya setelah kewajiban berupa
sholat udah kita tunaikan.
Kalo emang lagi keburu kan mbok ya minimal minta kebaikan dunia akhirat
alias baca aja "rabbanaatina fiddunya khasanata waqiina adzabannar"
Nah, simple kan ?? mana artinya cool lagi ....
Ada lagi yg model begini :
Di kehidupan sehari-hari ngga jarang ( malah kebanyakan ) yg
terjadi ialah sehari-hari cuek beybehh ama perintah-perintah Allah,
tapi begitu butuh sesuatu dia memohon kpd Allah dengan khusyu' plus
nangis-nangis, salah siapakh itu kalo do'anya kagak dijabah???
Gak pernah sholat, gak pernah inget/zikir... eh, tau-tau " Ya Allah
berikan hamba rezeki yg buanyaakk" atau "Ya Allah carikan aku jodoh
yg baik dan saleh" atau "Ya Allah, sukseskan kampanye hamba pd
pilkada nanti" dst,dst,dst.....apa iya yg kayak gitu
mau dikabulkan olehNya ???? Parahnya kalo ga terkabul juga
malah memaki2 dan menuduh Dia ngga adil.... aneh kannn ???
Dan lebih aneh lagi jika udah sholat rajin, tartil juga genap tiap hari
eh,memintanya malah bukan kpd Allah.
Misal " eee..... lebaran kali ini dikasih THR berapa ya ama boss ?"
atau "wah,musim hujan gini dagangan gue bakal laris neh !!"
emang yg ngasih rejeki dia tuh musim hujan yakss ???
Palagi yg berhubungan ama jimat,penglaris dsb...hhiiiyy....
Dan masih banyak hal lain yg berserakan disekitar kita.
waspadalah ...!!! 3x dan sadarlah....!!!3x


Nb.
Buat kamu anonymous :
Apanya ya yg " alhamdulillah awakmu wes sadar :P " ????
Yg bagian mana dan yg apa ??? kok jadi bingung !!!
posting kemaren kan ada 3 bagian yg kontras banget permasalahanya.
So yg mana mana nihhh ??? hhhhmmmm.......
yg 10 hari terakhir, atau yg 'loose' something,
atau yg alinea bawah seh ??? Ntar bisa salah paham lhooo.....

1 comment:

Rho Mayda said...

Hwaaa!!! Tulisannya keren! Sip! Top! ;)

Kau bilang:
Kalo emang lagi keburu kan mbok ya minimal minta kebaikan dunia akhirat
alias baca aja "rabbanaatina fiddunya khasanata waqiina adzabannar"
Nah, simple kan ?? mana artinya cool lagi ....


Hehehe... asik kombinasi katanya :)
Nah, ayo kawan-kawan... BERDO'A!!! ^_^v

*tulisan yang ini ngena euy...* ;)