30 October 2005

Kenapa sih zakat fitrah ???





Zakat fithrah
=============

Kadang ada yg bertanya , apaan sih zakat fitrah itu ?
Dan kenapa musti pas ramadhan sebelum sholat Id ???

Zakat fitrah memang zakat yg wajib dikeluarkan selama bulan
ramadhan dengan tenggat waktu terakhir ialah sebelum sholat Id,
zakat fitrah ini jug punya ketentuan sendiri yaitu beras atau
gandum minimal 2,5 kg atau materi senilai itu.
Selain diwaktu yg 'itu' bisa disebut zakat maal yg perhitungan
nisabnya diikutkan dalam perhitungan jumlah zakat.
Ada juga yang bebas perhitungan dengan kata lain ialah shodaqoh.

Zakat fitrah itu wajib karena kita sebagai manusia didunia itu
'pasti' diciptakan berpasang-pasangan, ada wanita dan pria, ada
panas dan dingin, ada keras dan lunak, ada pintar dan bodoh,
demikian juga tentang materi, ada saudara kita yang kaya tentunya
ada juga saudara kita yang miskin. Nah ,bagaimana cara kita
beribadah kpd saudara kita yg miskin ? salah satunya ya dengan zakat
itu tadi.Sehingga di bulan yang mulia ini para umat Islam
tentunya jangan sampe ada yg kesusahan karena ngga bisa makan,
yang sehingga pula jangan sampai mereka yg kurang mampu ngga bisa
menikmati keindahan ramadhan dan berpacu mencari pahala dan lailatul qadar.
Jadi kedudukanya dlm mencari point kan fifty-fifty.....
Hhhhmmm.... indah kannn ???

Dan ada lagi satu hal yang sangat penting dan perlu kita ketahui,
zakat fitrah adalah zakat yang mensucikan diri kita sendiri selama
kita menjalani puasa ramadhan. Kenapa bisa begitu ?
Tidak lain dan tidak bukan, ada satu hadist yg menjelaskan
dalam perandaian sebagai berikut : Orang yang berpuasa itu sebenarnya
seluruh pahala dan amalanya hanyalah bergantung-gantung antara
dunia dan langit, kecuali ia melaksanakan zakat fitrah. Kalo
org jawa bilang sih ngambang !!!!
Biar ngga ngambang dan bablas ke langit sana dan biar sampe kpdNya
ya mangkanya berzakat fitrah.
Dan sehingga timbul pula pertanyaan, bagaimana bisa sih ibadah kita kok
ngambang gitu ??? Marilah kita coba intropeksi diri,
mungkin selama berpuasa, tanpa sadar kita mengunjing org lain, atau
berbuat tdk baik, bisa juga berprasangka sesuatu, atau tanpa sengaja
keprucut ngomong ngga enak sama teman atau misuh gitu, dan masih banyak
hal lain yang kadang ngga sengaja kita lakukan yg merusak nilai-nilai puasa kita
dan bagaimana membersihkan hal2 kayak gitu sehingga ntar
kita bisa bener-bener bersih dan suci ???
Ya dengan zakat fitrah itu tadi. Kesimpulanya, selain mempunyai nilai fungsi
sosial ,ternyata zakat fitrah juga berdimensi keatas yang ujung-ujungnya
juga akan berbalik lagi untuk kebaikan diri kita sendiri.
Setujuuuuuuu ......... ?????????
( harus setuju ..:P !! awas nek gak ... ) )
Btw, sudah pada zakat pa belom nih ???? Jgn sampe lupa lho yaaa..... !!!!





Nb.
Hiks..hiks...lebaran besok kayaknya ga mudik nih !!!
Ada yg mo nemenin ?????

2 comments:

Anonymous said...

Get Real Podcast: Lee Wilkins of Podcast.com
Posted by Stowe Boyd I had the opportunity to chat with Lee Wilkins, VP Products & Strategy for Podcast.com, to get his take on podcast directories and what his company is trying to accomplish.
Find out how to buy and sell anything, like things related to quality assurance highway construction on interest free credit and pay back whenever you want! Exchange FREE ads on any topic, like quality assurance highway construction!

Anonymous said...

Very unique blog you have! I'm definitely going to bookmark you! I have a discount tires site. You'll find info on most major brands of discount tires such as Michelin, Goodyear, BF Goodrich, Cooper and more. With winter right around the corner, you can also get tire chain recommendations for your vehicle. Please visit it.
Rod