18 October 2005

Menjaga stamina dan kesehatan




Menjaga kesehatan ala Nabi SAW

Menurut ceramah kultumnya mesjid Al Ikhlas pas terawih di Hotel Simpang itu , beliau ( khatib ) bilang bahwa Nabi itu staminanya begitu kuat, begitu sehat sehingga kegiatan apapun yg beliau lakukan tidak akan melemahkan fisiknya. Bayangin aja, beliau selalu sibuk sepanjang hari yang bahkan di malam harinya beliau begitu sibuk dengan ibadahnya kepada Allah SWT. Belum lagi disegala medan perang, beliau selalu maju terlebih dulu dibarisan depan begitu kuat membasmi musuh-musuh Islam. Ehmmmm....jaman sekarang kayaknya kebalik yah ??? heran .... di perang manapun , yg namanya panglima perang selalu dibelakang, yg maju duluan ya pasti para kroco-kroco yg siap dikorbankan, beda banget deh ama zaman Nabi dulu.....
beliau sselalu tak gentar berada di barisang paling depan, mempimpin pasukan muslim dengan gagah berani.
Jadi inget deh ya.... bukankah Allah lebih menyukai muslim yg kuat drpd yg lemah ?????????
Nah, bagaimanakah Nabi SAW selalu merawat dan menjaga stamina ??? Sebenernya ngga banyak kok, cuman tiga aja yg perlu dilakukan, yaitu :
1. Selalu makan kurma paling engga 3 biji dlm sehari. Menurut kajian ilmiah, buah kurma memang amat sangat bergizi sekali ....nah lho !!!! Kandungan gizinya pada buah kurma jenis 'kurma Nabi'" seperti yg disebut-sebut orang itu nilai gizinya 3 biji kurma sama dengan sepiring nasi plus lauk pauk lengkap plusssss buahnya sekalian....mmm....hebat yah ??? Padahal kalo mau sih di mesjid Ampel kan banyak banget kurma dengan harga yg sangat terjangkau, mulai dari 2500 rupiah s/d puluhan ribu rupiah, tinggal pilih mo yg mana, toh semua juga sama2 begizi. Eh, jadi inget pas berbuka puasa bersama arek-arek cangkrukan di rumahnya DB . Waktu itu saya disangoni kolak plus nasi kare dari takjilnya mesjid plus kurma. Nah, kurmanya kebawa pas sahur dan sehabis itu, perasaan seharian ngga kerasa capek deh ya.... kerasa laper juga engga, haus juga engga, padahal sahurnya tuh makan kurmanya 7 biji doank ....kekkkekeee........
2. Nah, yg kedua ini Rasulullah SAW selalu minum madu setiap harinya. Dari banyak penelitian juga kandungan madu sudah banyak diakui dunia. Ada yg molai sebagai antibiotik alami, ada yg pencegah infeksi di luka luar, trus pelancar darah, anti oksidan, memerangi kanker, dsb.dsb yg ngga bisa disebutin atu-atu ( saking buanyaknyuaaa !! ) .... jadi b'tanya2 nih, harga madu berapa yah sekarang??? ( hehhehe...pengennnnn .... tapi pasti ngga bisa rutin ).
Jadi inget juga, waktu itu saya lagi berkunjung ke seorang customer, beliau sudah tua banget , kebetulan chinese. Tapi yg saya herankan ialah beliau keliatan bugar banget, mata masih normal, pendengaran juga masih jelas, jalan juga masih tegess padahal usia beliau 75 thn. Mana kalo pas ngobrol itu waaaaa... rame banget, aseli betah disitu.Kalo keriput sih jangan ditanya yaa..... so pasti keliatan gituh !!!
Dan saat suguhan dateng , kerasa aneh deh... abis ada minuman sinom yg dikasih madu. Kata beliau itu minuman sehat, dan pas beliau nunjukin keloksi madu... wahhhh kita jadi ter-bengon gitu. Beliau stok madunya banyak bangeetttt.....ada puluhan botol. Katanya sih udah kebiasaan konsumsi madu sejak muda dulu dan beliau ngga pernah sakit yg aneh-aneh..... mana madunya ituh ternyata buanyak banget macemnyaaa..... ada yg coklat, ada yg putih, ada yg krem, bahkan ada yg agak kemerahan gitu..... wes..pokoke akeh plus aku ra mudeng ... saat beliau njelasin asal madu itu satu2.
3. Kayaknya resep yg ketiga ini yg paling murah dan ngga butuh biaya apapun deh ya. Beliau Rasulullah SAW selalu memulai aktifitas sebelum subuh menyingsing. Nah saat itu beliau sudah bersibuk ria melakukan aktifitas apapun. Dan menurut peneliatian pula, udara di jam-jam segitu sampai subuh berakhir itu adalah saat dimana kandungan oksigen di udara lagi banyak-banyaknya, lagi mantep-mantepnya. Dan tentu anda semua udah tahu dunks, apaan sih khasiat oksigen di dlm tubuh ??????? terutama hubunganya dengan sistem pembakaran sistem imun ( kekebalan ) tubuh dan sistem kelancaran peredaran darah, dan yg utama sekali yg ke otak. Seperti yg anda tahu pula, otak tentu sangat membutuhkan suplai darah yg kaya akan oksigen agar bisa 'mikir' dengan baik dan optimal.

Nah, segitu dulu ilmu yg didapet dari kultumnya Sholat tarawih waktu itu. InsyaAllah kalo ada somthing interest tak posting lagi deh biar kita sama2 tahu, sma-sama saling mengingatkan dan yg pasti sama-sama bisa menabung buat 'nanti'.........


Mari menjadikan diri kita muslim yg kuat dengan selalu menjaga kesehatan lahir dan batin !!!






5 comments:

Anonymous said...

Up in the air
One subject that's been occupying minds in the better class of blogs recently has been this: why can't a chap connect to the wireless connection in his hotel without having to pay through the nose? It's ...
blog food... I love it! Can I bookmark you and tell a friend? Sometimes I find a great blog like yours and my friends really like them too.

I'm just learning about blogs, but I really like what you've done here. Getting started with my sites: extra large dog house | Surf Boards but they are still under development.

super job! so keep it up.
good day.

Anonymous said...

Cak...!!!! koen pinter banget nulisno opo sing kepikir.
Cak...! aku pe takon...carane masang gambar bannere cangkrukan yak opo aku nggawe mambo...utowo aku kirimono po'o..engkok nek wes kepasang ndik webku, koen tak kabari ....

Yak opo cak...

kirimen ndik marmotji@gmail.com

Suwun cak...!!!
assalamu'alaikum !!!!'
marmotji

Anonymous said...

Whadhuh saking senenge moco artikel sampeyan cak...aku sampek lali...aku njaluk isin eh ijin...ngopi artikelnya...the strength of Muhammad...gak tak pasang nek gak mbok ijini...

marmotji

info pengobatan said...

ya menjaga kesehatan itu sangat penting karena saya sudah merasakan sendiri,,..

info pengobatan said...

ya memang kesehatan itu sangat penting ....