30 August 2006

Gojeg saru !!

Disuatu Tadi siang, pas begojegan ama partner kerja ( lhah selama ini kiy aku kerja ma begojegan ga ada bedanya ) kita mbahas-mbahas sesuatu yang nyrempet-nyrempet saru ( bukan sara ! ).
Dlm bahasa perguyonan yg telah daku terjemahkan, hasilnya kira-kira begini = "Lelaki itu dihargai karena tanggung-jawabnya, sedangkan wanita dihargai karena kesetiaan-nya" , benarkah demikian ???

Dalam dunia per-rumah tangga-an, kayaknya hal tersebut berperan sangat vital sekali. Cobain bayangkan deh .... seseorang yg selingkuh, jika lelaki, maka ia jelas dapet predikat lelaki ngga tanggung jawab ,sedangkan bila yg selingkuh wanita, so pasti dia dilecehkan sebagai istri yg ngga setia. Dalam opininya masyarakat ( dikacamata temen saya yg ada dimeja ), sudah jelas bahwa dunia perselingkuhan kini lebih canggih dengan bbrp metode yg ngga kalah canggih pula. Buanyakkk banget strategi jitu dan cerdas biar ngga ketahuan orang rumah dan anak-anak. Kenapa saya ngomong begitu ?? terus terang disekliling saya banyak yg begitu , bukan berarti saya lagi menimba ilmu perselingkuhan dan seluk beluknya dengan mereka, tapi saya kok jadi gerah juga. Bayangin jal !!! istri dengan susah payah menjaga kehormatan dirumah,capek-2 ngurus rumah, nyapu,nyuci, ngrawat anak, dsb...dsb ...... belum lagi kalo mlm masih dipakai...........eh, sang suami malah enak-2 berdua-an dgn calon ibu baru. Kalo dikatakan jaman semakin edan, bukankah dengan menjadinya anda seseorang yg edan , akan menambah edan pula jaman ini ?? ck..ck...ck.... ( yo wes, sing waras ngalah !! .... ). Sebenarnya , dan jawablah dengan jujur saja, sudah edan-kah anda hari ini ????( kayaknya nek ngga edan kok ngga keren ya ?? )


Terkadang, kita ngatain orang edan, padahal tanpa terasa, perlahan-lahan namun pasti, kita mengikuti jaman edan dengan turut berpatisisapi sbg peng-andil dan penerus bangsa ( edan ). Dulu, pas jaman saya kecil sak uprit, jika paha dipajang akan mendapatkan protes keras dari mana-mana, maka sekarang, kalo ga majang paha mulus dan wajah indehoy itu kok rasanya ada yg kurang !!! belum lagi dimana-mana disekeliling kita itu sudah begitu saja terpampang hal-hal yg bikin kita 'on' ..... mulai dari udel bodong ditutupin separo, sampe anggota tubuh sintal padat menarik dan menggiurkan yg memenuhi setiap sudut kota. padahal kita tahu itu ga baik, kita tahu itu sangat menyedihkan buat generasi penerus, tapi ........ kenapa semua itu sebatas ucapan saja ????? Jangan salahkan siapa dunks kalo generasi kita semakin lama semakin lebih cepat dewasa fisik tapi terlambat kedewasaan mentalnya.
Bolehkah saya tanya kpd anda yg sudah berumah tangga ........????
Khawatirkah anda jika anak anda seumuran esempe esema blm berpacaran ?
Tahukah anda, anak anda nonton vcd apa aja dirumah sendiri n rumah temen ????
Merokok-kah anak anda diluar rumah ?????
Anak anda Lebih bahagia mana, jika ia dirumah dgn diluar rumah atau bermain-main dgn teman2 ????
Sudahkah anda menjadi sahabat anak anda drpd menjadi ortu ????
Sudahkah anda mengetahui masalah-2 yg diahadapi anak anda ???
............. dst.......dst.......
Dan bila jawaban anda ialah " saya engga tahu !!" ... wah, jangan-2 ........niat ngga sih jadi ortu ???
Walau suatu tujuan mempunyai jalan yg panjang, berliku, penuh duri dan kesasar-sasar, kapan bisa sampai jika tidak mulai melangkahkan kaki kesana ????

Trus, masih menurut teman saya yg agak ngga nggenah itu, dia bilang "sebenernya perceraian itu masalahe cuman 'itu' aja....bukan masalah harta, kekuasaaan, dll........ silakan dicoba, wong lanang kuwi yen dikon budal minggat yo budal ..... lain dgn perempuan yg masih butuh ini-itu ....." dan menurut hemat saya ( berarti ngirit ) itu memang banyak terjadi disana-sini. Jadi kalo ada istri menolak ngelayani suami dlm kondisi apapun juga, dgn alasan apapun juga, bisa jadi itu sudah tanda-tanda tidak sakinah, mawaddah apalagi wa-rahmah ...... coz, dari sisi istri aja dia sudah tdk menjalankan kewajibanya, trus dari sisi suami ..... kepala bakalan cekot-cekot buat nyari pelampiasan dan pemenuhan hasrat nalurinya. Kalo sekali dua sih mungkin ga masalah, lhah kalo setiap 'on' terus failed terus 'not conected' atau signal loss........ mo gimana coba ?? Jadi, ( masih ktanya dia ) jangan salahkan suami kalo ada perselingkuhan atau 'njajan' di tempat lain. Sebabnya jelas, sosok si istri tdk membuat nyaman dan tidak bisa menghantuinya kemanapun suami pergi. Coba kalo dia betah dirumah, apa ya ada kasus salingkuh dan coba-coba rumput tetangga ??? ( yg ngga urusan hijau atau kuning dan item ) Lagipula, beda lho ngempetnya, antara org yg udah ber-RT sama org yg masih lajang. ( Lajang betulan, bukan status !!!! ).
Kebetulan, ada juga temen saya pindah tugas ke madura. Awalnya dia bilang kalo ga nyaman, bingung, dan males buat keszana ( krn luar pulau ) dan ngga bisa ketemu anak tiap hari. Tapi, setelah beberapa saat berlalu, dia membisiskkan kata-kata " Wah, aku pindah ke madura ternyata ada hikmahnya !! Sekarang setiap pulang kerumah, istri melayani dengan lebih 'wah', ngga cuman urusan diranjang reot or sepringbed or tiker bambu, tapi juga hal-hal kecil kayak mbikinin teh, kopi, baju, dsb.... kayaaknya kalo aku dirumah jadi orang yg disenang-senangkan. Sungguh beda ketika aku selalu dirumah dulu ". Nah.lhoh !!!! salah siapa ???
Ada pepatah " Ketika ada biasa saja, ketika tiada begitu berharga !!"

Apakah kita mau menjadi seseornag yg seperti itu ???? baru merasakan kehilangan saat sesuatu/org benar2 menghilang atau minggat dari hidup kita ????Bila tidak, ngga ada salahnya ngga usah mikirin diri sendiri dulu, tapi berikanlah apa yg bisa kau beri kpd org terkasih dan tersayang kita ( tentu dg kasih sayan pula ),niscaya sebesar itulah yg akan kita dapat dari org lain ( bahkan lebih ). So, jaga baik-baik org2 tersayang disekitar kita....... tentu dengan porsi yg pas dan adil !!!

Semoga, kita menjadi orang yg sadar jangka panjang !!
Semoga, kita menjadi orang yg teguh melangkahkan cita-2 !!
Semoga, kita menjadi orang yg mampu menaiki tangga tujuan hidup !!
Semoga, kita menjadi orang yg konsisten thd apa yg ada !!!
Semoga, kita menjadi orang yg sabar thdp coba dan goda !!
Semoga, kita menjadi orang yg ikhlas thd itu semua .... Amin !!!
--------------------
Semoga besok ada yg nraktir makan malam ....... wexs ..!!!

7 comments:

-kfi- said...

Wahhh...saruuuuu eh serrruuuuuuuuuuuu
Bisa bisa bisa....

TaTa Handono said...

waduh urusan RT emang nggak ada habisnya buat diomongin hehehe....

MnX said...

hiiiyy.. kalo aku nikah nanti kudu bikin MoU ma calonku...diem di rumah?? gak mau deeehhh...bosyeeennn..

hayyooo pakdhe, awas yah kalo budhe-ku nanti di suruh diem dirumah ajah! menghambat kreatifitas tuuhhh...

Sisca said...

semoga perselingkuhan diatas bumi segera ditiadakan !!!

ingat renungannya mas, jgn sampe suatu hari ikut terjung ke dunia perselingkuhan :)

b. gundul S. Farm said...

saya sudah membaca dan saya sudah mudheng. ayo nyangkruk ngopi

Kelinci said...

Jane ttg "itu" opo to Lung?? :P

Rho Mayda said...

kenapa orang tanggung jawab dan setia bisa juga selingkuh ya? :/