02 March 2008

jogjaaaahhhh............jogjaaaaaaaaahhh....

Begiitulah saya tiba disini dan saat ini ( dan ternyata bukan di bandara Ngurah Rai, Bali )
Saya nekat ambil cuti yg buanyak... pertamna ialah seminggu sekaligus.... nah rencana nih mo nambah seminggu lageeee............ asik...asik...asik....
Bukan sulap bukan sihir, tapi memang ke jokja ini saya ada tujuanya... dan tujuan itu adalah tujuan saya yg paling serius setelah sekitar satu dekade kehidupan saya ngendon di Surabaya ini. Suuueerrrrrrr ...... !!!
Setelah sekian lama saya melanglang buana di kota buaya ( lbh kurang 10 thn ) maka lewat perenungan yg sangat mendalam dan tentu saja super serius... kayaknya sudah waktunya saya mewujudkan mimpi saya yg dulu untuk menjadu pengusaha atawa pebisnis. jujur aja saya masih kurang puas dengan apa yg tak raih selama ini. Dan tentu saja ini ada hubunganya sama masa depan saya personal apalagi secara keluarga gt lhoh !!
Ada ujar-ujar Bahwa orang yg semakin kaya tapi semakin sibuk dan ga punya waktu adalah para pegawai ( bahkan boss/dirut di kantor ) sedangkang org yg semakin kaya tetapi semakin santai ya pengusaha itu to... lha wong kalo udah bisa menciptakan suatu system yg bisa bekerja sendiri, maka bisa ditinggal cul dan si system yg dibuat itulah sbg mesin uangnya ???

Berbekal nekat dan niat , maka mulai hari saya menjejak Jogja sudah saya isi dgn mencari nasehat2 ke byanyk teman yg sudah duluan disini. Entah itu peluang-peluang yg ada maupun cara-cara berbisnis yg baik dan cepat BEP ( Break Event Point ) dan ini adalah nasehat-nasehat yg penting yg bisa saya utarakan disini :

  1. Mas Soly kakaknya Adhi ( temen kantor ) : Dia bisnis kayu sehingga saya ga bisa ngikutin dia karena kerumitan2 yg ada, tapi saya dapet nasehat yg bagus. Secara bisnis dg pinjaman uang ke pihak lain, maka yg perlu dipikirkan ialah tentang manajemen resiko. Bagaimana bila ada kemungkinan terburuk, maka apa yg perlu dilakukan ? Langkah-langkah apa sehingga kita masih bisa terus hidup dg tdk stress jika bisnis ambruk ??? Siap ngga kita dg hal tsb ?? Kemudian selain itu, jangan sampai kita masih dlm tahap memulai bisnis tapi sudah nyambi bisnis laen. Mungkin bener kalo kita bisa ngelola beberapa bisnis sekaligus, tapi sebaiknya fokus dulu ke satu bisnis yg dibela bener-bener. Kalo atu dah jalan dan bisa di cul baru merambah ke bisnis laen.
  2. Wawan / Bayi , dia adalah teman sy dari orok sampai terpisah di kelulusan esempe. Dia masih di kampung hlmn sedangkan saya nglayap ke Purwokerto. Lulus esteem saya ke Jakarta kmdn ke Surabaya sedangkan beliau tetep di Jokja. So , beliau ini menwarkan bisnis yg masuk akal dan dg modal terhitung kecil buat kantong kita-2. Di tempat dia saya bisa kulakan kaos emperan seharga 1orb per 100 biji. Kaos itu adlh kaos yg dijual di emper2 Malioboro. Bandingkan jika saya mensuplai ke Bromo yg perkaos harga eceran konsumen paling rendah adalah 25rb dg kaos dan bahan yg sama ? apalagi dg design yg lbh menarik dan insetif lebih bagi penjualnya ??? Ya kan ??? Blum lg nyuplai ke tempat wisata2 Jatim yg memang minim kaos yg bagus design-nya. Plan sih kalo bisa men-suply para suplier disono ( Masih mau dirintis, do'ain dunks ya !! )
  3. Saya diajak ke seorang Kolonel dari AD yg suka bisnis. Beliau meneshati satu hal yg tentu saja fatal bagi saya ( sebelumnya ngga bgt terpikir oleh saya ), yaitu yg namanya Org usaha itu harus ada / punya tempat yg representatif. Jangan takut sewa tempat mahal karena jika income bagus maka tempat tsb sudah tdk bisa dikatakan mahal lagi. Massssuuuuuuk to ???
  4. Berssambung karena lg nyoba warnet tetangga rumah yg lemot n 4 KBps . Huh !! Diukur dg speedtestnya telkomspeedy.com cuman kok mayan rame wae yo ?? padahal lemot gini... huahhhhhhh ......... apa tak banting aja ya niy komputer ????? heheh......

No comments: