08 May 2008

Water Injection

Sudah lama saya membaca ttg "Water injection" di tempatnya om Saft ( http://www.saft7.com ) yg bagi saya sesuatu hal baru yg mat sangat menarik. Tetapi setelah menelaah berbagai banyak komentar di tulisan tsb, tentu saja saya ngga bisa langsung gegabah menerapkanya begitu saja, apalagi saya mau menerapkanya di mesin spdmotor ( Bukan mobil spt yg dicontohkan ).
Bagi seorang saya yg kudu membagi waktu antara R&D dengan waktu bekerja kayaknya memang susah nyari waktu buat meng-aplikasi-kanya. Sehingga untuk saat ini saya lebih memilih riset dengan data dulu aja ya ??? Agar nanti pas pemasangan bisa meminimkan tingkat resiko dan masalah yg akan timbul.
Spt pd Om Saft, saya juga punya pemikiran water injection ini lebih dari satu versi, sampe stage 3 malah .... tentu saja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Disini yg saya utamakan adalah kendaraan thn 2006 keatas dulu ya (versi krburator ) , soalnya demi kemudahan aja terutama dg adanya rangkaian "air injection" saat rpm tinggi di saluran gas buang. Nah, saya mencoba memanfaatkan itu. Oh,iya, ilustrasi disini memakai motor ane ( Thunder 125 )


"Water Injection Stage One"
Bahan yg dibutuhkan =

  • Tanki Air
  • Selang secukupnya
  • Filter One Way 1 biji
  • Nosel Korek Api
  • Kran Air / Kran akuarium
  • Lem kaca secukupnya


Cara merangkai spt pd gbr berikut :


Analisa saya ya untuk rpm menengah kebawah mah bagus-bagus aja, tapi untuk rpm atas nanti malah keluar gas di tanki air karena derasnya arus balik dari karburator. Jadi jika setelan sudah diirit , tapi rpm atasnya malah ngga jalan tuh water injection -nya, maka bisa berabe dunks. Bukanya dingin tapi malah mesin nambah panas ya ???
Untuk selanjutnya saya mencoba mengatasinya di water injection stage 2. See U .......... !!!

2 comments:

Rere said...

Hasilnya gmn, mas?
berhasil kah?
trus gak ngerusak mesin?

Dhany Family said...

motor jadi punya radiator nih..