12 July 2007

Cerdas .... ?

Cerdas,
itulah satu kata impian banyak orang. Dia bersinonim dengan kata smart (kayaknya) !! Menurut saya dan kayak'nya', saya sendiri lebih memilih untuk menjadi cerdas daripada pintar / clever. Apakah cerdas dan pintar berbeda ??? bagi saya tentu saja iya !!! Orang cerdas pastilah org pintar juga, tapi orang pintar blum tentu cerdas, bukankah begitu ??? bagaimana kita membedakan antara cerdas dan pintar tsb ?? bagaimana kalo saya mengandaikan keduanya dalam peristiwa berikut :
Ada dua orang sebuat saja bernama Joni dan Doni ( Bukan nama sebenarnya, red ). Mereka berangkat menggunakan kendaraan dari kota A menuju kota B dengan jarak sekian km. Nah, karena Joni orang yg pintar, dia akan menghitung jarak kota B sekian km dan jika dia menjalankan kendaraan dengan kecepatan rata-rata sekian km perjam , maka dia akan sampai kota B dlm sekian jam sekian menit, sehingga jika Joni pengen cepet sampai maka dia akan menambah kecepatan kendaraanya sekian km perjam agar rata-rata kecepatan kendaraanya bertambah sehingga memperkecil waktu tempuh.
Laen ladang laen pula belalangnya, sehingga Berbeda dengan belalangnya Doni, sosok Doni bukan memilih mempercepat waktu, tapi bagaimana memperpendek jarak tempuh, sehingga otomatis akan pula memperpendek waktu tempuh ke kota B, sehingga dia lebih memilih mencari jalan bypass/ jalan shortcut atau jalan tembus ke kota B. walaupun jalan tembus itu mungkin hanya dilalui kendaraan dg lebih pelan dan berliku, toh misalnya saja ialah paling apes dia akan tiba di kota B sama dengan Joni, tapi .......... ????? yg pasti Doni telah lebih efisien dlm hal tenaga nyetir dan bahan bakar, gituuuuuuuuuuuuuuu.............
Nah, begitu pula sebaiknya kita menjalani hidup, tidak hanya pintar tapi juga kudu smart. Bisakah ??? Ya tentu saja bisa dunks, caranya ????? bila kita menghadapi maslah hidup, maka biarlah pikiran-pikiran kita melanglang buana agar tak hanya sekedar satu keputusan berdasarkan pemikiran, tapi juga segala rasa dan hati ikut terlibat, yaitu dengan berpikir lebih.... lebih ...... dan lebih 'wise' dari biasanya ..... sehingga semoga selalu bertambah luaslah, dan dalamlah samudra pemikiran kita, sehingga jangan sampai peribahasa sperti katak dlm termpurung mengena kpd kita, apalagi anak ayam mati dilumbung padi yo ???

Nb.

latansa_syahid (12/07/2007 9:01:24): Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan pertemukanlah aku dengan orang-orang yang shalih, serta jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang yang datang kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh nikmat. [QS. Asy-Syu’ara: 83-85]

No comments: