14 October 2006

21nd



Sudah lama saya engga traweh di masjid itu. Karena saking pengin-nya, Alhamdulillah ada dua org teman yg mau menemaniku kesana. Setelah ber-jalan-jalan kesana, dan kebagian Isya juga. Setelah Isya'an.... mulai nih ada yg agak aneh. Biasanya Khutbah setelah traweh sebelum witir, or setelah witir sekalian. Nah, malam itu terus berlanjut .... entah karena apa, beliau berkhutbah amat sanagt panjang, hampir satu jam dari 20 menit waktu yg disediakan takmir. Kebetulan, ngga tau kenapa juga, inti khotbahnya sedikit tapi pembicaraan beliau banyak yg diulang atau muter2. Akhirnya banyak juga jamaah yg keluar ke teras sekedar ngisis sambil ndenger darisana.
Terus terang, saya sendiri kalo mendengarkan begitu, makin lama makin pusing juga karena terus terang(lagi) untuk mengikuti perkataan beliau kok bolak-balik , belum lagi kantuk yg menghampiri. Sehingga saya ngambil wudhu, trus nunggu traweh diteras. Kalo diliat-liat, banyak banget tuh jamaah yg didalam sampe ketiduran atau berangguk-angguk menahan kantuk.
Setelah long-long-long time, akhirna jadi juga sholat traweh yg kutunggu-tunggu. Nah, keanehan terus berlanjut. Beliau sholat trawehnya cm 5 rakaat ( 2:2:1 ), sedangkan biasanya disitu 10 rakaat. Banyak jamaah yg bingung, trus malah ada yg keluar juga karena ga cocok. Saya sih milih mannuut dulu aja karna belum nyari referensi yg beginian. Begitu witir, beliau bilang kalo witirnya 3 rakaat satu kai salam.
Oke dehhhh........ kita turut ajah.... !!!!
Tapiiii.... keanehan berikutnya terjadi lagi.... pas rakaat kedua, begitu sujud pertama tuh imam langsung berdiri membaca Al Fatihah. Jamaah sudah ngingetin sih dengan berseru, tapi beliau kok tetep aja nerusin mbaca Al Fatihah, mau ga mau, jamaah ikut nerusin juga. Sedangkan jamaah yg belakang, terutama yg ibu-ibu langsung pada keluar mesjid, hanya segelintir yg tinggal. Wahhhh...... sungguh tarawih yg anehhhh .......
( Aku masih mbayangin, gimana ya perasaan dua org temenku yg baru 1rst kali traweh disitu ??? )


*******
Bila keindahan trus berlanjut
Bila kenyataanlah yg kuhampiri
Bila hadirmu adlh jawaban sang bidadari
Maka , ya Allah !!!
Jangan jauhkan aku dari syukurMu
Jangan dekatkan dia hanya krn fitrahMu
tapi....
Jadikanlah kami manusia yg teguh
yg penuh kemampuan dan kasih sayang
akan segala nikmat dan karuniamu
******* Amin !!!






wake up....wake up .....
tolooonngggg... bangunin !!
bangunin dr mimpi indah ini
agar kukecap kendahan yg nyata
ya?ya?ya?

1 comment:

TaTa Handono said...

Hahaha itu pak imamnya ngantuk kali mas gara2 kelamaan denger ceramah